Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Istilah-Istilah Dasar Adsense

Sebelum kita melangkah jauh,alangkah baiknya untuk membaca sebentar sub bab berikut.Sub bab ini berisi tentang istilah-istilah dasar yang pasti digunakan oleh Adsense.

*PUBLISHER
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan Adsense disitus mereka.

*AD UNITS
Ad Units adalah iklan Adsense itu sendiri.Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran.Yang paling utama adalah jenis iklan Teks.Pada saat pengunjung meng-klik units iklan ini,maka jika Sah,pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai atau jumlah CPC-nya.

*LINK UNITS
Link units hampir sama dengan Ad units,hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web.Yang membedkan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung mengklik iklan ini,maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine google.
Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apa bila pengunjung mengklik salah satu Ad Units yang ada dihalaman tersebut.Pada prakteknya Link Unit terbukth menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

*ADSENSE FOR CONTENT
Adsense for Content adalah iklan Adsense yang dipasang disuatu halaman.Iklan-iklan yang muncul adalah iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut,atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual.Ad Unit dan Link Units adalah yang termasuk dalam Adsense for Content ini.

*ALTERNATE ADS
Pada Asense for content,iklan tidak selalu muncul.Sebabnya antara lain bisa,karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya.Jika ini terjadi,maka secara default yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA ( Public Service Ads )
Karena bertipe donasi,maka jika diklik,iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publiser.Untuk mengatasinya,Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif.Jika Ad Units yang dibuat telah diatur menggunakan Alternate Ads,maka apa bila Ad Units tersebut tidak dapat tampil,yang muncul adalah iklan Alternatie yang telah diatur sebelumnya.

*CHANNELS
Channels adalah semacam label yg dapat diberikan pada Ad Units,Link Units,Adsense for search dan Referral.Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu unit label,dan sebaliknya,satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan.

*PAGE IMPRESSIONS
Page impression adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung.Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman tersebut.

*CLICKS
Clicks adalah jumlah klik pada Ad units milik publisher.Dalam halaman laporan Adsense,publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan maupun berdasarkan Ad Units atau Channel-nya.

*CTR ( Clickthrough rate )
CTR adalah jumlah uang perbandingan dalam persen antara jumlah klik yg diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad units tersebut.Misalnya,satu Ad units yg ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% ( 10:40 ).

*CPC ( Cost Per Click )
CPC adalah jumlah uang yg akan didapatkan oleh publisher apa bila Ad Units tertentu di klik.Nilainya CPC masing-masing Ad units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor,termasuk performa dan kualitas situs milik publisher.Namun secara umum,nilai maksimal yg mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yg ditawarkan oleh pemasang iklan.

ECPM ( Effective CPM )
ECPM atau CPM ( Cost Per Million ) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman ( per 1.000 ) yg ia dapatkan dari iklan-iklannya.Sebagai contoh,publisher yg menghasilkan UDS 200 dari 50.000 impressi akan mendapatkan nilai CPM sebesar USD 4 ( USD 200 dibagi 50 ).

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP