Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Kenali Wasir Dan Faktor Pemicunya

Mereka yang menghabiskan waktu seharian dengan duduk lama harus waspada.Terlebih lagi kalau mereka ini hanya mengkonsumsi sedikit air dan sayuran.
Bukan apa-apa,kalangan inilah yang berpotensi besar terserang penyakit wasir atau ambeien.Apa sih sebenarnya wasir itu ?
Dokter specialis mengatakan,wasir merupakan sebuah keadaan pelebaran pembuluh darah balik ( Vena ) disekitar dubur dan mirip seperti varises yang sering terlihat pada daerah betis.
Pelebaran pembuluh darah tersebut membentuk benjolan kebiruan yang mudah berdarah.Keduanya disebabkan oleh kelemahan dinding pembuluh darah balik yang merupakan faktor bawaan ditambah adanya faktor pemicu berupa hambatan aliran darah atau adanya peningkatan tekanan didalam perut.
Faktor pemicu yang sering dijumpai adalan kehamilan,sering angkat berat,kurang gerak,terlalu banyak duduk atau berdiri,banyak daging,kurang serat,kurang minum hingga menyebabkan kotoran menjadi keras dan membuat penderita menjadi lebih sering mengejan pada saat buang air besar.
Selain itu,wasir juga berkaitan erat dengan peningkatan tekanan pembuluh darah pada daerah dubur yaitu penyakit hati menahun atau Sirosis hati.Ukuran hati yang mengecil dan mengkerut,mengakibatkam hambatan aliran darah balik di daerah hati yang di ikuti pelebaran pembuluh balik disekitar dubur/wasir.
Tergantung dari perjalanan penyakitnya,penderita wasir tahap awal mula-mula mengeluh rasa tidak enak,gatal disekitar liang pelepasan diikuti menetesnya darah segar sehabis buang air besar.Biasanya gejala wasir tahap awal ini disebut dengan derajat 1.
Pada derajat kedua,pelebaran pembuluh darah akan semakin membesar,membentuk benjolan kebiruan yang ikut keluar sewaktu mengejan.Namun biasanya benjolan ini bisa masuk dengan sendirinya tanpa bantuan obat-obatan.
Sedangkan pada derajat ketiga,benjolan baru masuk bila dibantu dengan penekanan,penderita mengeluh dubur selalu basah kadang-kadang tanpa terasa mengeluarkan cairan dengan warna dan bau menyerupai kotoran,seringkali juga penderita dapat melihat warna kuning pada pakaian dalam.
Sementara pada derajat ke empat,benjolan tidak dapat masuk kembali walaupun didorong dan ditekan.
Wasir yang sudah lama kadang-kadang sembuh sendiri membentuk benjolan kulit yang keluar dari dubur seperti jengger ayam,secara medis di istilahkan dengan nama Skin tag.Keadaan ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan khusus kecuali bila terasa mengganggu.
Untuk memilih pengobatan tentu saja perlu ditentukan derajat keparahan dari wasir dan pilihan penderita.Lebih perlu lagi kiranya dapat dilakukan pemeriksaan selengkap mungkin untuk memastikan penyakit tersebut.
Ada pun pemeriksaan yang dimaksud,meliputi pemeriksaan fisik diagnotik yang meliputi riwayat perjalanan penyakit,pemeriksaan dengan teropong dubur secara melihat langsung seperti Anuskopi dan Rektoskopi atau dengan bantuan kamera seperti Rekto-sigmoidoskopi dan kolonoskopi.
Diperlukan juga pemeriksaan laboratorium darah untuk melihat ada tidak adanya kelainan pembekuan darah atau pertanda tumor.Pada keadaan tertentu dapat juga dikerjakan pemeriksaan pencitraan radiologi menggunakan zat kontras ( Barium ) yang dimasukan melalui dubur sampai mengisi seluruh usus kemudian di foto dengan sinar X.
Setelah dipastikan bahwa penyakit tersebut adalah wasir,ada beberap pilihan pengobatan secara umtn yang bisa dilakukan.
Yakni pengobatan bedah.Untuk tindakan non bedah dikenal penggunaan salep dan obat-obatan tablet minum yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan mengurangi pembengkakan.
Biasanya pengobatan ini bersifat sementara untuk mengurangi gejala penyakit.
Cara lain dengan menyuntikan obat tertentu kedalam pembuluh wasir yang melebar dengan tujuan merangsang timbulnya jaringan parut ( Skleroterapi ).Tergantung besar kecilnya benjolan wasir,suntikan biasanya dilakukan 2 sampai 3 kali dengan selang waktu minggu sampai wasir mengecil.
Cara lainnya dikenal dengan nama Ligasi ( Pengikatan ).Dengan teknik ini pangkal benjolan wasir di ikat dengan gelang karet sehingga tidak mendapatkan aliran darah dan akan lepas dengan sendirinya.(*)

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



18 komentar:

Anonim,  26 Desember 2010 pukul 12.56  

Saya merasa sangat beruntung berhasil menemukan Blog Anda, terima kasih untuk berbagi karena informasi yang saya dapat disini sangat berguna bagi orang yang membutuhkan seperti saya.
Mohon Anda berkenan bila saya menyimpan alamat Blog ini sekaligus menyebarkannya sehingga lebih banyak orang yang dapat menarik manfaat dari sini.
Semoga Anda tetap diberi kebijaksanaan dan kesehatan oleh Allah maha pencipta.

BEST HDTV ANTENNA 17 Februari 2011 pukul 02.26  

Let me start by saying nice post. Im not sure if it has been talked about, but when using Chrome I can never get the entire site to load without refreshing many times. Could just be my computer. Thanks.

Digital Photo Keychain 17 Februari 2011 pukul 02.29  

I can see that you are putting a lots of efforts into your blog. Keep posting the good work.Some really helpful information in there. Bookmarked. Nice to see your site. Thanks!

Bright Teeth Whitening 17 Februari 2011 pukul 02.33  

Great stuff from you, man. Ive read your stuff before and youre just too awesome. I love what youve got here, love what youre saying and the way you say it. You make it entertaining and you still manage to keep it smart. I cant wait to read more from you. This is really a great blog.

THE HOTTEST NEWS 17 Februari 2011 pukul 02.36  

Reading this post reminds me of my old room mate! He always kept talking about this. I will forward this article to him. Pretty sure he will have a good read. Thanks for sharing!

TREND CITY 17 Februari 2011 pukul 02.38  

Resources like the one you mentioned here will be very useful to me! I will post a link to this page on my blog. I am sure my visitors will find that very useful.

Nikmaya John 28 Maret 2011 pukul 18.57  

Ngeri juga ya penyakit yang satu ini,,,

Steve 3 April 2011 pukul 02.11  

setelah baca ini, semoga saya bisa terhindar dari WASIR...amiin... :)

Newport Beach Houses 15 April 2011 pukul 00.15  

Terimaksih sharing informasinya mas..

resume for data entry clerk 10 Juli 2011 pukul 11.29  

your all tips and trick is so useful, ple keep updated us... keep it up

jelly gamat 23 Juli 2011 pukul 11.35  

owwhhh gitu yahhh..
mksih bnyak atas infonya.
ga kbayang tuh rasa sakitnya kyak gmana.. :(

xamthone plus 23 Juli 2011 pukul 11.56  

jadi ngerii saya !!!
mksih bnyak ats infonya yaa

hapson frayogi 17 Februari 2014 pukul 12.02  

Makasih banget atas infonya gua merasa sangat terbantu

Unknown 1 Juli 2015 pukul 12.40  

terimakasih banyak, sangat membantu sekali informasinya...

http://acemaxsshop.com/obat-herbal-benjolan-di-perut/

Posting Komentar

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP