Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Ada Lapisan Lilin Antilengket pada Mi Instan?

Mudah, murah, dan enak. Itulah alasan mengapa banyak orang menyukai mi instan. Tinggal dimasak sebentar, bahkan ada yang hanya perlu diseduh air panas, langsung bisa disantap demi "menyelamatkan" perut yang keroncongan.

Seiring kesuksesan mi cepat saji ini, sudah sekian lama beredar isu seputar mi instan. Isu lapisan lilin pada mi instan adalah yang kerap dihembuskan, malah bikin heboh beberapa tahun lalu. Lilin atau zat kimia lain sejenis wax tersebut digunakan agar mi tidak lengket ketika dimasak.

Dugaan inilah yang memunculkan banyak anjuran untuk tidak makan mi instan setiap hari. Dinyatakan sejumlah ahli, tubuh memerlukan waktu setidaknya tiga hari untuk membersihkan lilin tersebut. Apalagi ada pula dugaan bahwa lilin ini bersifat karsinogenik atau dapat mencetuskan terjadinya kanker.

Isu lilin ini sudah dibantah oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) beberapa tahun lalu. Hingga kini pun isu tersebut masih dibantah. Tentu saja, sebuah produk mi instan ternama turut membantah isu tersebut.

"Jika isu itu memang benar, tentunya BPOM dan Departemen Kesehatan akan menarik mi instan dari pasaran," ujar Dr.Nuri Andarwulan, ahli teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor.

Terlepas dari isu lilin tersebut, para ahli kesehatan memang menganjurkan untuk membatasi asupan mi instan. Alasannya, konsumsi secara berlebihan atau sering dapat mengganggu saluran pencernaan dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain.

Meski ada-tidaknya lilin pada mi masih jadi perdebatan, ada baiknya kita berjaga-jaga. Supaya lebih aman, ada baiknya mengikuti tip berikut saat memasak mi instan:

- Jerang air agak banyak hingga benar-benar mendidih, lalu dibagi menjadi dua bagian (tuang ke dalam dua panci berbeda).

- Masukkan mi ke dalam panci pertama dan didihkan kembali. Panci pertama ini fungsinya untuk mencuci kandungan antilengket lainnya yang terdapat pada mi instan. Setelah matang, pindahkan mi yang telah "dicuci" itu ke dalam panci kedua, lalu didihkan kembali.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



13 komentar:

si kumb@ng 3 Juni 2009 21.46  

aku pernah baca artikel serupa....
dan menurut aku memang benar.
thank's

BEST HDTV ANTENNA 17 Februari 2011 03.12  

Keep 'em coming... you all do such a great job at such Concepts... can't tell you how much I, for one appreciate all you do!

Digital Photo Keychain 17 Februari 2011 03.15  

Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me.

Bright Teeth Whitening 17 Februari 2011 03.17  

Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon.

THE HOTTEST NEWS 17 Februari 2011 03.20  

I was very encouraged to find this site. I wanted to thank you for this special read. I definitely savored every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.

TREND CITY 17 Februari 2011 03.23  

Finally, an issue that I am passionate about. I have looked for information of this caliber for the last several hours. Your site is greatly appreciated.

SMARTPHONES 18 Maret 2011 22.50  

kok saya baru tau nih ada lapisan lilin antilengket pada mi Instan... terima kasih tips nya boss!!

♫ MUSIC SHARE ♫ 19 Maret 2011 00.54  

ngeri juga deh kayaknya kalo mau makan mie, ingat ada lapisan lilin antilengket pada mi Instan nya itu..

Nikmaya John 4 April 2011 19.31  

Makasih gan tipsnya,, mesti diantisipasi juga nih,,,,

Newport Beach Houses 15 April 2011 00.45  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...

komodo island is the new 7 wonders of the world 25 April 2011 02.19  

kok saya baru tau nih ada lapisan lilin antilengket pada mi Instan... terima kasih tips nya boss!!

JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING 5 Mei 2011 23.30  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...
JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING

xamthone plus 17 Juni 2011 16.35  

wah yg bner nih gan, saya baru tahu klw ada lilin.
mkzh bwt informasi'y sangt bermnfaat sekli.
semoga z itu cuma skdar isu belaka.

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP