Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Anjuran Minum 8 Gelas Sehari Adalah Menyesatkan



Minum air minimal delapan gelas sehari adalah nasihat yang sudah lama digaung-gaungkan. Kebiasaan ini diyakini dapat membantu mencegah kerusakan ginjal, menurunkan berat badan dan meningkatkan konsentrasi.

Tetapi sejumlah ahli kesehatan di Inggris baru-baru memeringatkan bahwa minum delapan gelas air sehari adalah pepatah keliru dan bahkan mungkin bisa membahayakan. Mereka bahkan berani menyatakan, klaim ilmiah di balik anjuran tersebut ini hanyalah "omong kosong".

Di Inggris, National Health Services (NHS) bersama dengan dokter terkemuka dan ahli gizi telah lama menyarankan masyarakat agar minum sekitar 1,2 liter air per hari untuk menjaga kesehatan.

Namun, sebuah laporan terbaru yang ditulis dalam British Medical Journal menjelaskan bahwa ancaman akan dehidrasi adalah suatu 'mitos' dan mengatakan sejauh ini tak ada bukti di balik klaim bahwa minum banyak air dapat mencegah beberapa masalah kesehatan.

Seorang dokter di Glasgow, Margaret McCartney, dalam jurnal itu mengatakan bahwa anjuran dalam website NHS agar minum enam sampai delapan gelas sehari tidak hanya sebuah omong kosong, tapi juga memalukan.

Dia menambahkan bahwa manfaat dari banyak minum air sering dibesar-besarkan dan ditumpangi kepentingan, misalnya dari perusahaan air dalam kemasan.

Dalam BMJ, Dr McCartney juga menekankan bahwa penelitian menunjukkan bahwa minum air ketika tidak merasa haus justru dapat mengganggu dan bukannya meningkatkan konsentrasi. Bukti-bukti lain juga menunjukkan bahwa zat kimia yang pembunuh kuman ditemukan dalam air kemasan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Minum dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan kurang tidur karena seseorang harus bangun di malam hari untuk pergi ke toilet. Studi lain menunjukkan, bahkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal, bukan mencegahnya.

Dr McCartney juga memperingatkan bahwa minum terlalu banyak air dapat menyebabkan kondisi yang jarang namun berpotensi fatal yang disebut hiponatremia. Kondisi ini yang membuat kadar garam dalam tubuh menurun dan dapat menyebabkan pembengkakan otak.

Pada tahun 2003, aktor Anthony Andrews jatuh sakit karena minum air terlalu banyak selama berlatih peran.

Dokter lain yang dikutip dalam artikel tersebut menambahkan, tidak ada dasar yang cukup untuk mengklaim bahwa air dapat membantu menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan.

Profesor Stanley Goldfarb, seorang ahli metabolisme dari University of Pennsylvania di AS, mengatakan: "Bukti saat ini menyatakan bahwa memang tidak ada bukti. Jika anak-anak minum lebih banyak air daripada mendapatkan kalori ekstra dari soda, itu bagus. Tetapi tidak ada bukti bahwa minum air sebelum makan mengurangi selera saat makan."

Sekitar 2.06 miliar liter air dalam kemasan laku dijual di Inggris pada tahun lalu. Angka ini naik dibandingkan tahun 2000 yang hanya mencapai 1.42 miliar liter.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



76 komentar:

agen xamthone plus cinere depok 26 Juli 2011 14.55  

tapi kan sering minum... Sering Kencing juga mass ?

Obat herbal Asam Urat 26 Juli 2011 17.00  

thank you sob atas infonya semoga bermanfaat nih

agen jelly gamat tegal 27 Juli 2011 11.54  

info nya sangat bermnfaat gan,,

mksih banyak,,,,

obat herbal thalasemia 28 Juli 2011 12.34  

semoga aja gan menyehatkan,,,
ehehee

xamthone plus 28 Juli 2011 15.37  

wowww ternyata seperti itu yaa,,
makasih bnyak atas infonya..

kesehatan alami 28 Juli 2011 15.38  

infonya sangat menarik nihh.
mksih bnyak udah berbagi.
salam kenal

xamthone plus 1 Agustus 2011 12.13  

ough bgtu ya mas, baru tahu juga nih,,,
kra'n teh menyehatkan,,,
mkzh bwt informasinya sangat bermnfaat sekali.

Obat Tradisional Kanker Darah 1 Agustus 2011 12.15  

postingan yang sangat bermnfaat nih sob, mnambah pngetahuan baru
nice info

xamthone plus depok 1 Agustus 2011 16.05  

owh ternyata seperti itu ya,,
jadi bagusnya minum yg sehat itu brpa gelah sehari ?

obat tradisional diabetes melitus 2 Agustus 2011 17.54  

terus gmna kalau trus minum....
kencing juga terus???

apa solusi nya???

obat tradisional asam urat 2 Agustus 2011 18.17  

smoga anjuran ini sangat berguna bagi saya,,
dan saya dapat menjalani,,,


terima ksih gn atas info nya,,,,

obat tradisional kolesterol 2 Agustus 2011 18.19  

info nya sangat brguna gan,,,
terima ksih.,,,,.,.,

obat herbal nyeri sendi 3 Agustus 2011 10.02  

postingan yang bermnfaat nih mas,,
v y klw banyak minum suka kencing terus,,,

obat alami thalasemia 3 Agustus 2011 11.07  

ough bgtu ya,,,
emz mksh ya mas bwt info'y sangat bermnfaat

Obat Penyakit Diabetes Mellitus 3 Agustus 2011 12.05  

mkzh ya sob postingannya sangat bermnfaat sekli,,klw bgtu q jadi gx mo terlalu bnyak minum..

Agen xamthone plus bandung 5 Agustus 2011 15.02  

wah barti slama ini kita dibhongin dong!

Obat Jantung Herbal 8 Agustus 2011 14.51  

wihh... saya baru tau masalah giniam...
makasih telah y atas informasinya...

obat alami maag kronis 8 Agustus 2011 16.34  

lhaa klo gtu musti brapa bnyak kita minum??

agen xamthone plus bandung 8 Agustus 2011 16.37  

smoga anjuran nya bermnfaat,,
hehehe

agen xamthone plus bandar lampung 8 Agustus 2011 16.39  

bisa bahaya juga tih ternyata.
mksih bnyak infonyaa

obat tradisional infeksi saluran kemih 10 Agustus 2011 09.35  

bagus sekali postingnya,,semoga bermanfaat ..
sukses terus..

Obat Alami Kanker Kelenjar Getah Bening 10 Agustus 2011 11.11  

emz bgtu ya,,baru tahu juga klw banyak minum menyesatkan...
mkzh ya bwt info'y.......

Obat herbal Kanker Darah 10 Agustus 2011 11.13  

oke nih postingannya sangat bermnfaat sekli

Obat herbal Maag Kronis 10 Agustus 2011 11.14  

ough ternyata berbahaya juga ya klw banyak minum
thanks ya sob bwt share'y sangt bermnfaat

Agen Xamthone plus Batam 10 Agustus 2011 14.23  

makasih ilmunya..
pasti saya akan coba..

XAMthone plus 11 Agustus 2011 16.03  

oh ternyata sepeti itu ya saya baru tau nie makasih info nya

obat alami asam urat 12 Agustus 2011 10.36  

wah klo gitu kita harus aga di atur minum nya hehehehe.....

Agen xamthone plus Lahat 12 Agustus 2011 11.43  

emz bgtu ya,bhya juga ya klw banyak minum
mkzh ya bwt info'y.......

Agen jelly gamat Bandung 12 Agustus 2011 12.07  

emz bahaya juga ya klw kebnyakan minum
mkzh ya bwt share'y sangat bermnfaat sekli

obat alami luka luka 13 Agustus 2011 09.26  

oh gitu yah,makasi info nya....

Obat herbal Maag Kronis 13 Agustus 2011 15.33  

ough berbahaya juga ya,,,
nice info

Agen Xamthone plus Bontang 13 Agustus 2011 15.34  

artikel yang sangat bermnfaat sekli nih
mkzh ya sob bwt share'y.....

Agen jelly gamat jakarta 15 Agustus 2011 10.13  

wahhh.... bahaya jga ya...

mksihh infnya mas!

Cara menjadi Agen Xamthone 15 Agustus 2011 10.22  

ough ternyata mnyesatkan juga ya mnum 8 glas sehri,trz yg paling mnyehatkan hrs brp glas nih mas??he....

obat alami luka luka 15 Agustus 2011 22.51  

mantap info nya sangat keren nie.....

Web Komputer 17 Agustus 2011 17.48  

Ternyata minum 8 gelas air /hari bisa menyebabkan penyakit ...

Xamthone plus 18 Agustus 2011 11.54  

makasih info nya semogga bermanfat buat saya nie gan....

Agen xamthone plus jambi 19 Agustus 2011 09.50  

untung di britahu dri sini...

thanks ya mas!

PENGOBATAN LIVER EMPEDU 19 Agustus 2011 17.07  

mang menurut aturan 8 liter sehari,tapi aku bisa lebih,di tambah sehari minum xamthone 3kali sehari seger bener badan.

seo sydney 20 Agustus 2011 14.26  

I love it so much. Impressive blog and i really enjoyed reading your information and mostly peoples are like your blog. Thanks for your wonderful sharing on the anjuran minum 8 gelas sehari adalah menyesatkan blog. Lovely

agen xamthone plus bandung 21 Agustus 2011 06.47  

trims atas infonya buat kita menjadi tahu, salam kenal dari kami.

SOLOSI MENGATASI NYERI HAID 22 Agustus 2011 15.37  

kalo saya banyak minum lebih baik,seger

obat alami sinusiti 23 Agustus 2011 15.49  

makasih info nya sangat menarik nie....

angry birds 24 Agustus 2011 15.22  

smoga anjuran ini sangat berguna bagi saya, dan saya dapat menjalani,
:D

agen xamthone plus depok 25 Agustus 2011 12.05  

info yang sangt bermnfaat nih mas,,
mkzh ya bwt sahre'y

jelly gamat 6 September 2011 08.56  

emz bgtu ya mas,,, jadi tahu juga nih,,
thanks ya mas bwt sahre'y sangat bermnfaat,,,

Agen xamthone plus bandung 10 September 2011 21.57  

berarti slama ini kita tertipu dong,,,

pencegahan setroke 12 September 2011 10.49  

kalo aku sehari bisa lebih dari 8 liter.

obat diabetes melitus 12 September 2011 23.27  

info nya sangat bermnfaat gan,,

mksih banyak,,,,

obat jerawat tradisional 16 September 2011 21.46  

info nya sangat bermnfaat gan,,

mksih banyak,,,,

agen xamthone plus bandung 19 September 2011 22.08  

semoga ilmu ini sangat berguna untuk smuanya

jelly gamat 21 September 2011 20.02  

banyak sedikitnya minum berpengaruh juga pada kulit..

jelly gamat gold 21 September 2011 20.13  

artikelnya yang bermanfaat dan mengingatkan..

agen xamthone plus surabaya 21 September 2011 20.23  

wah saya baru tau tuh, kalo minim dalam jumblah berlebihan bisa menyebabkan kurang tidur..

jus kulit manggis 21 September 2011 20.34  

wah emang bener tuh, yang berlebihan emang gak baik.. thanks mas infonya

obat herbal kanker payudara 23 September 2011 20.39  

thanks infonya n salam kenal ja mas..

obat penyakit jantung 26 September 2011 16.45  

makasih ats informasinya...
saya baru tau mengenai hal ini

Ekant Sharma 12 Desember 2011 03.29  

mkzh ya sob postingannya sangat bermnfaat sekli,,klw bgtu q jadi gx mo coupon codesterlalu bnyak minum..

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP