Tentang Saya

Foto Saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Mencegah Kurang Darah

SIAPA pun pasti tidak ingin mengidap penyakit kurang darah atau anemia. Selain merusak produktivitas dan kreativitas kerja, penderita anemia juga rentan terhadap komplikasi penyakit lainnya. Itu karena daya tahan tubuh yang menjadi rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengidap anemia. Walaupun wanita lebih rentan terhadap penyakit anemia, jangan berkecil hati dulu.

Walaupun rawan terserang karena faktor biologis , misalnya disebabkan oleh wanita mengalami menstruasi setiap bulannya, melahirkan atau faktor perdarahan yang tidak normal. Namun, anemia masih bisa dihindari dengan melakukan diet sehat dan tepat bagi tubuh. Diet yang tepat agar terhindar dari anemia, terungkap dalam simposium bertajuk "Anemia dan Wanita" di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) beberapa waktu lalu. "Anemia itu sebenarnya tahap akhir dari kekurangan zat besi.

Itu pun setelah zat besi yang disimpan di dalam tulang sebagai simpanan tubuh berkurang. Hingga akhirnya terjadilah yang namanya prevalensi defisiensi zat besi," kata staf pengajar FKUI Dr Ervina Karyadi MSc PhD. Sebenarnya, banyak hal bisa dilakukan wanita agar terhindar dari anemia. Misalnya mulai menjaga asupan zat besi yang dikonsumsi bisa diserap tubuh sebanyak mungkin.

Misalnya dengan mengonsumsi orange juice setelah makan dan menghindari konsumsi teh usai makan. "Teh itu bisa membuat zat besi yang kita konsumsi bersama makanan larut dan terbuang percuma. Jadi minuman yang paling cocok usai makan itu adalah orange juice," kata dokter berkulit sawo matang ini. Ditambahkan Ervina, kepintaran menyiasati makanan yang dikonsumsi bisa membuat tubuh terhindar dari anemia. "Bagi penderita anemia bisa meningkatkan konsumsi makanan seperti daging, daging unggas juga makanan asal laut.

Bisa pula dengan mengonsumsi buah dan sayur," sebut dia. Adapun bagi mereka yang terserang anemia, Ervina menyarankan agar membatasi konsumsi makanan yang bisa menghambat penyerapan zat besi. Di antaranya menghindari makanan yang mengandung phytate seperti yang terdapat pada kacang-kacangan, bijibijian, dan tepung. Hindari pula konsumsi teh, kopi, dan cokelat. "Sebenarnya semua makanan itu baik untuk tubuh.Namun, hindari mengonsumsinya sebelum makan besar.

Misalnya minumlah teh dua jam sebelum atau sesudah makan. Jangan ketika makan besar minumnya teh itu yang membuat zat besi larut," sebut dia. Strategi terbaik untuk mengubah pola makan, diterangkan Ervina adalah dengan mengombinasikan zat besi dalam menu makanan. Mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin c pada waktu makan. Memasak makanan tidak terlalu lama dan tidak mengonsumsi susu dan produk susu atau teh pada saat makan besar. "Jika mengetahui cara mengonsumsi makanan yang benar, maka anemia bisa dikurangi di Indonesia.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



80 komentar:

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular 26 Januari 2010 23.24  

Mas mohon dukungannya lagi ikut kontes seo nih, salam sayang.

daftar ptc luar terpercaya 27 Januari 2010 00.50  

makasih mas atas infonya good article

skema rangkaian 9 April 2010 21.31  

mas..mau nanya nie..
kenapa sih klo kita kurang darah mata kita berkunang2.

Miyabi Maria Ozawa 10 Mei 2010 02.10  

Trimakasih infonya mas, lain kali mampir juga ke blog saya :)

obat kurang darah Alami 5 Agustus 2010 08.48  

Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk Mengobati Kurang Darah, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
semoga bermanfaat

Dubai apartments rent 10 Oktober 2010 20.45  

Nicely presented information in this post, I prefer to read this kind of stuff. The quality of content is fine and the conclusion is good. Thanks for the post.

Laptops Notebooks Computer 10 November 2010 23.55  

kalau udah animea akut apakah dengan cara diatas masih bisa mengurangi?? soalnya ada teman saya yang kejadian seperti itu tapi parah banget sampai sedikit2 sakit

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia 24 November 2010 01.23  

Kalau obat penambah darah yang dijual di toko-toko itu apakah berpengaruh?

Office 2007 Product Key 28 Desember 2010 09.12  

Great post! I am just starting out in community management/marketing media and trying to learn how to do it well - resources like this article are incredibly helpful. As our company is based in the US, it?s all a bit new to us. The example above is something that I worry about as well, how to show your own genuine enthusiasm and share the fact that your product is useful in that case

hotel amenities 28 Desember 2010 16.29  

I am very interested in your article, I think your articles are so interesting that I need more information, go is berkaya and I will always support you. I say many thanks to you.

Windows 7 25 Januari 2011 10.04  

Which is some inspirational stuff. Never knew that opinions could possibly be this varied. Thank you for all of the enthusiasm to provide such useful info here. I’m really very interested so will retain an eye out for updates! You are so great at acquiring what you desire to say out there in a way thats intelligent and entertaining. Im seriously impressed!

Steve 16 Februari 2011 13.29  

ternyata teh bisa membunuh zat besi yg sudah kita konsumsi, pantesan saya sering banget seperti terasa kurang darah karena rajin nge-teh... terima kasih banyak pak, informatif sekali :)

THE HOTTEST NEWS 17 Februari 2011 02.17  

This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I really would want...HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

TREND CITY 17 Februari 2011 02.18  

This is a smart blog. I mean it. You have so much knowledge about this issue, and so much passion. You also know how to make people rally behind it, obviously from the responses. Youve got a design here thats not too flashy, but makes a statement as big as what youre saying. Great job, indeed.

DISNEYLAND PASSES 17 Februari 2011 02.18  

Simply, admirable what you have done here. It is pleasing to look you express from the heart and your clarity on this significant content can be easily looked. Remarkable post and will look forward to your future update.

Up To Date 17 Februari 2011 02.19  

This was a really great post. In theory I'd like to write like this also - taking time and real effort to make a good article... but what can I say... I procrastinate alot and never seem to get something done.

makeup mirror 18 Februari 2011 11.09  

turned out to tea can kill iron-me-we consume, pantesan I often really like blood because it feels less diligent nge-tea ... thanks!

Nikmaya John 28 Maret 2011 18.20  

Ternyata teh bisa melarutkan zat besi dalam tubuh kita ya. BAru tahu saya,,, thanks sob info nya, sangat berguna buat kesehatan.

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 29 Maret 2011 10.34  

I liked this post very much as it has helped me a lot in my research and is quite interesting as well. Thank you for sharing this information with us.

Wallpaper 3 April 2011 02.13  

Anemia banyak macamnya..... dan kebanyakan berhubungan sama vitamin n mineral.. jadi jaangan malas2 makan sayur n konsumsi vitamin.. good job

Newport Beach Houses 7 April 2011 09.43  

info menarik gan...
makasih :-)

Newport Beach Houses 7 April 2011 09.44  

info menarik gan...
makasih :-)

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 9 April 2011 09.20  

ternyata teh bisa membunuh zat besi yg sudah kita konsumsi, pantesan saya sering banget seperti terasa kurang darah karena rajin nge-teh... terima kasih banyak pak, informatif sekali

Newport Beach Houses 14 April 2011 23.51  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...

komodo island is the new 7 wonders of the world 25 April 2011 01.45  

ernyata teh bisa melarutkan zat besi dalam tubuh kita ya. BAru tahu saya,,, thanks sob info nya, sangat berguna buat kesehatan.

jasa pembuatan radio streaming 5 Mei 2011 12.33  

makasih atas ilmunya gan,
moga bermanfaat..

Fauzan 16 Mei 2011 17.03  

Makasih gan infonya, klu begitu mesti ganti motto nich apapun makannya minumannya orange juice yach biar zat besinya tidak terbuang percuma heheheh

aircard plans 18 Mei 2011 10.23  

turned out to tea can kill iron-me-we consume, pantesan I often really like blood because it feels less diligent nge-tea ... thanks!

nyeri sendi 20 Mei 2011 09.40  

oh jadi begitu,,

mksih ya info nya..

terus kalau pingsan terus-terusan di sebabkn apa?

xamthone plus 13 Juni 2011 10.34  

Oke sipp,, tips yang bermanfaat nich,, pas buat saya yang punya masalah dengan KD (kurang darah)...

walter 13 Juni 2011 17.40  

Wow! I cant believe I have found your blog. Very useful information.
how to get rid of acne fast
how to get rid of a hickey

xamthone plus 17 Juni 2011 16.38  

oke nih tips yg sangt menarik dan bermnfat sekli.
memang lebih baik mencegah daripada mengobati.

obat alternatif infeksi saluran kemih 24 Juni 2011 08.57  

ulasan yg mantap nih mas,,
emz gto ya, memang memang lebih baik mncegah spya tdk terjdi hal" yg tdk di inginkan.............

obat herbal diabetes melitus 24 Juni 2011 09.02  

klw kurang darah ce biasa'y mkn yg manis" byar darah'y bertambah,,,
mkzh ya gan bwt informasi'y sangt bermnfaat sekli..

Subscriber Management System 26 Juni 2011 20.00  

hey,,, winardi where r u from dude, i want to be your friend..

Plumber Hitchin 27 Juni 2011 15.13  

I really like the information. Keep it up!

Estate Management 27 Juni 2011 18.25  

This was an excelelnt piece of information.

obat penyakit epilepsi 30 Juni 2011 14.09  

sipp dech....
kebetulan saya punya masalah dengan kurang darah... thanks ya atas tipsnya...

Boiler Installation London 11 Juli 2011 16.07  

This post is quite interesting. I liked it a lot.

Agen XAMthone plus bekasi 25 Juli 2011 16.32  

kalo kurang darah bisa juga mengkon sumsi jus manggis (XAMthone plus)karena ini sangat bagus sekali buat yang kekurangan darah,dan makasih banyak tips nya

agen xamthone plus bandung 4 Agustus 2011 11.24  

tips nya sangat berguna gan,,
hehehe

agen xamthone plus jakarta 4 Agustus 2011 11.26  

ilmu nya saya dapat...
thank ya....

obat asam urat 8 Agustus 2011 15.51  

wah info yang pas banget nich, kebtulan saya KD alias kurang darah,,
thanks ya atas infonya

agen xamthone plus bekasi 11 Agustus 2011 15.08  

mksih bnyak atas infonya..
cukup murah juga yaa

obat thalasemia 12 Agustus 2011 16.55  

makasihy y mas atas informasinya,, hehehe
salam sahabat..

PENGOBATAN LIVER EMPEDU 19 Agustus 2011 16.41  

mencegah kurang darah mah sebenarnya gampang.asal istirahat cukup dan yang paling utama jangan banyak pikiran.di tambah minum xamthone plus wah mantap.

Pasang Iklan baris gratis tanpa daftar 20 Agustus 2011 14.33  

oh begitu yah,,,, kalau makan dibarengi dengan minum teh, teh akan menyerap zat besi yang ada dimakanan kita,,, sama juga percuma dong kita makan, dapet kenyang doang,,, hehe

obat HIV/AIDS readisional 20 Agustus 2011 19.52  

makasih mas atas infonya good artikelnya..

cara penyambuhan Diabetes 20 Agustus 2011 22.14  

ulasannya bagus mas sangat bermanfaat suwun yo.

SOLOSI MENGATASI NYERI HAID 22 Agustus 2011 15.21  

gitu ya gan ternyata habis makan minum teh setelah makan itu sia-sia.

Kelenjar Getah Bening 22 Agustus 2011 15.22  

wah selama ini aku salah dong habis makan slalu minum teh thu gan.

certification training 2 September 2011 02.26  

Oh it's really nice to know you winardi.

air conditioning service greenwood indiana 2 September 2011 02.28  

what are the causes of anemia? is it the low of blood count in our body?

pencegahan setroke 14 September 2011 18.27  

sip ilmunya dah di bagi ama kita'

obat asma tradisional 18 September 2011 20.17  

thanks infonya mas n salam kenal aja

Redita 4 November 2011 08.20  

Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,MATA MINUS,autis,epilepsi,asam urat ,kolesterol,stroke,kista,PENYUBUR KANDUNGAN,keloid,keputihan,asma,maag,kanker rahim,serviks,penyakit menular seksual,kanker otak,KANKER PAYUDARA,insomnia,diabetes,hiper/hipo tensi,anemia,leukimia,TBC,radang paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi Page kami di http://www.facebook.com/pengobatantradisionalalami

magento theme 28 November 2011 20.47  

It really useful content and very good information, Thanks for sharing information and plz carry on such type of blog.Thank you for blogging this..Magento Themes

sunitha 20 Desember 2011 18.03  

I was really impressed by reading your article. The information really helped me a lot to gain more knowledge. I was not aware of this topic. This article would help others also to gain more knowledge on it. Thank you sharing your wonderful information. joomla developers

baster 15 Februari 2012 19.49  

You are always giving so many new ideas and I hope it will continue in the future. That's perfect, your words are really easy to perceive.
buy laptop battery

darkmuse 23 Februari 2012 20.53  

actually, many things women can do to avoid anemia. For example, begin keeping the intake of iron that is consumed can be absorbed by the body as much as possible.

writing a research papers online

Pondokibu.com 27 September 2013 15.29  

Terima kasih infonya Bermanfaat Sekali ...

Poskan Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP