Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Kesehatan Menurun Akibat Kesepian

Pada kondisi yang sudah lanjut,umumnya lansia kurang dihargai,tersisih dari kehidupan masyarakat dan tidak jarang mereka menjadi orang yang terlantar.
Fenomena ini terjadi karena adanya pergeseran nilai budaya tradisional,yaitu mereka menganut norma yang menganggap orangtua bagian dari kehidupan keluarg yang tidak dapat dipisahkan dan didasarkan pada suatu ikatan kekerabatan yang kuat dan orangtua dihormati serta dihargai sehingga anak-anak mempunyai kewajiban untuk mengurus orangtua.
Namun,norma ini menjadi semakin berkurang dengan adanya kemajuan zaman.
Dipihak lain,sebagian dari orang yang lebih muda masih beranggapan para lansia tidak perlu aktif dalam urusan kehidupan sehari-hari.
Semua hal-hal yang diuraikan diatas akan memperburuk fungsi integrasi sosial dari para lansia dengan lingkungannya sehingga terjadi kesenjangan antara lansia dengan mereka yang lebih muda.Akibatnya,lansia hidup dalam keterasingan dan merasa kesepian yang akhirnya dapat menyebabkan depresi serta menurunnya daya tahan tubuh dengan segala manifestasi penyakit yang dapat ditimbulkannya.
Oleh karena itu,dalam konteks mengatasi kesepian lansia ditinjau dari segi sosial budaya dan psikologik berarti lansia perlu meningkatkan komunikasinya dengan orang lain atau masyarakat,dan anggota masyarakat perlu menciptakan kondisi kehidupan bersama yang harmonis.
Perlu diketahui,kita sebenarnya tidak mendadak menjadi tua ketika kita mencapai usia 65 tahun,ketika menjadi kakek atau nenek atau ketika mengalami monopouse.
Kita hanya tua jika kita merasa tua,jika kita menganut sikap bergantung kepada orang lain,tidak mandiri,membatasi aktivitas fisik dan mental,serta membatasi ruang lingkup pergaulan dengan orang lain.
Memang setiap orang membutuhkan hubungan sosial dengan orang lain yang akrab dan mendalam.Kesepian yang merupakan derita bathin dan dapat menghilangkan makna hidup dan eksistensi seseorang sebagai makhluk sosial mungkin saja terjadi jika hubungan sosial tersebut tidak terpenuhi.
Ditinjau dari segi sosiologis seseorang mengalami kesepian karena merasa terasing,tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan,dan perubahan pada pola kekerabatan.
Beberapa hal dapat dilakukan untuk mengatasi kesepian pada lansia dapat berupa sosialisasi tentang eksistensi lansia,meningkatkan peran lansia dalam organisasi,sosialisasi nilai budaya lokal suku bangsa,pembinaan hubungan antar generasi,membudayakan hidup serumah dengan lansia,maupun mengadakan pendidikan informal bagi lansi.(*)

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



17 komentar:

place for buy and sell link 31 Maret 2010 21.58  

pikiran jga trmasuk ganggu kesehatan sob

tempat berbagi pengalaman 24 April 2010 23.35  

stres juga bisa nurunkan kesehatan sob

free music download mp3 26 Juni 2010 14.36  

yah intinya sih mas kita harus bermuka ceria

Steve 9 Februari 2011 13.16  

betul banget, semua orang termasuk para lansia memerlukan aktivitas sehingga bisa terhindar dari rasa kesepian.

Digital Photo Keychain 17 Februari 2011 01.59  

I admire the valuable information you offer in your articles. I will bookmark your blog and have my children check up here often. I am quite sure they will learn lots of new stuff here than anybody else!

Bright Teeth Whitening 17 Februari 2011 02.02  

Finally, an issue that I am passionate about. I have looked for information of this caliber for the last several hours. Your site is greatly appreciated.

THE HOTTEST NEWS 17 Februari 2011 02.05  

Thank you for another essential article. Where else could anyone get that kind of information in such a complete way of writing? I have a presentation incoming week, and I am on the lookout for such information.

TREND CITY 17 Februari 2011 02.08  

This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I really would want...HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

Nikmaya John 28 Maret 2011 18.15  

BEnar juga sob,,,, Keterasingan memang cenderung membuat seserang gampang stress, akibat nya ketahanan tubuh juga akan menjadi lemah. Saya rasa hiburan untuk lansia juga sangat pening, sesekali kita adakan reuni buat mereka dengan teman2 sejawatnya. Mungkin itu akan membuat mereka lebih merasa bergairah.

Newport Beach Houses 15 April 2011 00.19  

Terimaksih sharing informasinya mas..

komodo island is the new 7 wonders of the world 25 April 2011 01.55  

betul banget, semua orang termasuk para lansia memerlukan aktivitas sehingga bisa terhindar dari rasa kesepian.

JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING 5 Mei 2011 23.08  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...
JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING

xamthone plus 17 Juni 2011 11.06  

bner bgt tu mas,,, memang terkdang klw seseorang kesepian ksehtan jg sangt mengganggu.
mgkn di sebabkan jg krn pkiran,,,,

♫ MUSIC SHARE ♫ 1 Agustus 2011 03.26  

saya paling benci sama kesepian :-t

Pasang Iklan baris gratis tanpa daftar 20 Agustus 2011 14.33  

Benar juga ya,,, kadang ita menganggap kalau orang yang menginjak usia tua sudah lemah fisiknya, akibatnya kita menjadi membatasi pekerjaan / gerk tubuh mereka,,, padahal gerak tubuh juga sangat penting untuk menjaga kesehatan an kebugaran mereka,,,,

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP