Andalas Van Java Online

Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Deteksi Kanker Lebih Dini

KANKER sampai saat ini masih menjadi momok yang menakutkan. Angka kematian akibat penyakit ini juga masih terus meningkat. Di negara berkembang pasien penderita kanker banyak yang datang berobat biasanya sudah menyandang stadium lanjut. Alhasil tingkat keberhasilan penyembuhan juga berkurang.

Dunia kedokteran pun terus bekerja keras untuk bisa mendeteksi penyakit ini lebih dini. Baru baru ini dunia kedokteran kembali membuat penemuan baru alat pendeteksi kanker.

Alat bernama Pet-Ct ini disinyalir mampu mendeteksi kanker secara akurat dan lebih dini. Di Indonesia, alat ini baru hadir di Rumah Sakit Gading Pluit. Fungsinya pemeriksaan penyakit kanker yang lebih dini, tepat, dan akurat.

Dalam melakukan pendekatan multidisiplin, diagnosis yang baik sangat berguna untuk pemilihan dalam berbagai metode pengobatan yang tepat. Salah satunya dengan Positron Emission Tomoghrapy- Computed Tomography (PET/CT)-Scan.

Kepala Departemen Radiologi Rumah Sakit Gading Pluit Dr Tjondro Setiawan SpRad menuturkan, PET/CT-Scan merupakan pencitraan tiga dimensi berwarna untuk mendeteksi perubahan atau aktivitas sel di dalam tubuh, dengan menggunakan zat radiofarmaka.

Dengan menggunakan teknologi kedokteran nuklir, PET/CTScan dapat memberikan gambaran tepat lokasi sel-sel tubuh yang mengalami perubahan atau perkembangan tidak normal serta membantu penentuan diagnosis dan derajat beratnya penyakit.

"Jadi PET/CT-Scan ini adalah untuk diagnostik, bukan untuk terapi suatu penyakit," ucapnya.Tjondro menuturkan, cara bekerjanya PET/CT-Scan ini adalah Radiofarmaka seperti cairan glukosa (FDG-Fluorodeoxyglucose) yang diproduksi oleh Cyclotron di RS Gading Pluit, disuntikkan kepada pasien, maka PET/CT-Scan akan memberikan gambaran atas sel-sel yang mengalami perubahan fungsi dan metabolisme.

Dosis radiofarmaka yang digunakan adalah kecil dan mempunyai sifat radionuclide yang memadai sehingga prosedur ini memberikan radiasi yang minimal dan risiko yang sangat rendah. "PET-CT secara signifikan lebih akurat dan memberikan informasi tambahan dibandingkan dengan pemeriksaan PET atau CT Scan saja," tuturnya.

Alat ini memberikan informasi penting dalam hal beberapa pemeriksaan penyakit, misalnya saja tumor, yaitu dapat membantu dokter dalam menentukan terapi yang terbaik bagi pasien, membedakan tumor ganas dan tumor jinak, mendeteksi kanker dan penyebaran kanker, menentukan tingkatan (staging) keganasan, mendeteksi respons terhadap kemoterapi lebih dini dari CT-Scan/MRI serta dapat mendeteksi kambuhnya penyakit kanker.

"Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang harus ditangani dengan pendekatan multidisiplin," ujar salah satu guru besar ilmu radiologi yang mengkhususkan diri dalam bidang onkologi radiasi, Prof Dr dr Soehartati G SP(Rad) Onk Rad.Soehartati mencontohkan, pendekatan multidisiplin itu, misal pada kanker nasofaring, di mana apabila terjadi satu keluhan sekitar nasofaring, maka pasien harus diperiksa ke dokter THT, dari dokter THT, akan dibawa ke dokter spesialis radiologi untuk pendeteksian kanker, kemudian akan dirujuk lagi ke dokter spesialis bedah untuk dilakukan pembedahan dan seterusnya sampai pasien tersebut benar-benar telah selesai melakukan pengobatan.

"Walaupun kanker nasofaring bisa disembuhkan dengan satu disiplin, tetapi itu sangat terbatas. Sedikit sekali kanker yang bisa disembuhkan dengan satu disiplin, terutama untuk tumor ganas yang padat. Pendeteksian kanker dengan PET/CT ini merupakan bagian dari pendekatan multidisiplin," ucap Soehartati.
(Sumber Kaltimpost)

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



15 komentar:

Wawan,  2 November 2009 pukul 23.14  

Kalau mau tes, berpa kira-kira bea nya ya pak?

Christine Breese 25 Februari 2010 pukul 08.05  

Selamat dengan award nya ya.. ok.. linknya dah saya pasang sob.

BEST HDTV ANTENNA 17 Februari 2011 pukul 03.12  

Keep 'em coming... you all do such a great job at such Concepts... can't tell you how much I, for one appreciate all you do!

Digital Photo Keychain 17 Februari 2011 pukul 03.14  

Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me.

Bright Teeth Whitening 17 Februari 2011 pukul 03.17  

Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon.

THE HOTTEST NEWS 17 Februari 2011 pukul 03.20  

I was very encouraged to find this site. I wanted to thank you for this special read. I definitely savored every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.

TREND CITY 17 Februari 2011 pukul 03.24  

Finally, an issue that I am passionate about. I have looked for information of this caliber for the last several hours. Your site is greatly appreciated.

Nikmaya John 29 Maret 2011 pukul 07.35  

Sayang ya alatnya masih terbatas,,, coba kalau setiap rumah sakit memilikinya, mungkin banyak pasien yang bisa terselamatkan...

Newport Beach Houses 15 April 2011 pukul 00.08  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...

jasa pembuatan radio streaming 4 Mei 2011 pukul 12.49  

berkunjung lagi gan...
nunggu postingan terbarunya :-)

Conditional access system 18 September 2011 pukul 03.47  

Like this blog worka nd effort on tricks thanks and amazing work. again thanks

John Rocks 17 Maret 2012 pukul 19.21  

Hey, you have a very good blog, its excellent information in its field. You have done a great job, keep doing it for the better help of people.

KVM Switches

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP