Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Atasi Nyeri Haid Dengan Relaksasi

Lebih dari 50% wanita pernah mengalami nyeri haid.Rasa sakit menusuk,nyeri yang hebat di sekitar perut bagian bawah dan bahkan kadang mengalami kesulitan berjalan sering dialami wanita ketika nyeri haid ini menyerang.
Demikian yang diungkapkan dokter specialis kandungan.Nyeri haid bisa mengganggu dan menurunkan produktivitas wanita.Hal tersebut di pengaruhi oleh kondisi fisik psikologis atau sebagai perasaan tertekan dibagian perut bawah,nyeri pinggang,nyeri melilit,nyeri tumpul di perut bagian bawah.

Tak jarang saking parahnya,keluhan nyeri haid ini disertai diare,muntah muntah,sakit kepala atau sakit disekujur tubuh.Dijelaskan secara medis nyeri haid disebabkan adanya kontraksi otot rahim.Sebagian besar wanita tidak merasakan adanya kontraksi lemah pada rahim.Tapi,saat menstruasi,kontraksi tersebut semakin kuat sehingga menyebabkan nyeri.Kuatnya kontraksi rahim saat menstruasi disebabkan adanya prostaglandin-zat yang di hasilkan tubuh untuk menyelesaikan siklus bulanan wanita,sehingga terjadi peluruhan darah haid tiap bulannya.

Selanjutnya,tingkat kecemasan dan stres,keluarnya darah haid yg melewati leher rahim,kurangnya olah raga dan perubahan posisi uterus juga menyebabkan terjadinya nyeri haid.
Nyeri haid di bagi menjadi dua macam yaitu nyeri haid primer atau nyeri haid yg disebabkan tanpa adanya kelainan di organ tubuh,dan nyeri haid sekunder,yaitu adanya kelainan atau penyebab lainnya di dalam tubuh,misalnya endometriosis,adenomiosis,IUD,tumor dll.

Untuk mengatasi nyeri haid Primer dapat dilakukan dengan obat Antiprostaglandin,obat antispasmodik atau obat-obat lainnya yg memerlukan konsultasi dengan dokter.
Disamping itu,juga dapat dilakukan dengan metode alami,yakni dengan relaksasi.Caranya,adalah dengan menenangkan fikiran.
Tinggalkan segala masalah sejenau,ambil nafas dalam-dalam seperti mengambil nafas sebanyak mungkin,kemudian tahan lima detik lalu hembuskan secara perlahan-lahan hingga habis.Kemudian,cobalah membunyikan musik lembut yg membuat suasana menjadi tenang.Bisa juga relaksasi dengan mandi menggunakan air hangat.

Lebih lanjut dijelaskan,mengurangi rasa nyeri pada haid juga dapat dilakukan dengan cara mengatur diet yg benar dan tepat.
Karena menurut dokter beberapa makanan ada yg dapat mengurangi atau memperparah nyeri haid sehingga penting untuk diperhatikan.
Sebaiknya,kurangi makanan yang banyak mengandung garam,dan batasi mengkonsumsi lemak,cokelat atau gula,serta perbanyaklah makanan tinggi serat dan rendah lemak.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



7 komentar:

JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING 5 Mei 2011 23.16  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...
JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING

xamthone plus 23 Juli 2011 10.25  

nyeri haid dapat di atasi dengan xamthone plus.
obat alternatif tanpa efek samping.

obat thalasemia 11 Agustus 2011 15.09  

makasih y mas atas infonya....
sekalian ajj mas ikt promosi....
adapun obat alami nyeri haid silahkan kunjungi http://xamthone-plus.net

Risti Amalia 31 Agustus 2015 11.37  

thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

http://acemaxsok.com/obat-herbal-nyeri-haid/

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP