Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

7 Makanan Hitam yang Menyehatkan



Hitam sering dipandang lebih rendah dari putih. Tapi jangan coba-coba memakai rumus yang sama terhadap kandungan nutrisi makanan berwarnan hitam. Malah, sumber makanan berwarna gelap biasanya mengandung antioksidan lebih tinggi yang sangat ampuh untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

"Buah yang berwarna hitam memiliki lebih banyak antioksidan karena makin gelap warnanya, makin tinggi pigmennya yang berasal dari antosianin," kata Cy Lee, PhD, profesor kimia makanan dari Cornell University.

Apa saja "si hitam" yang menyehatkan?

1. Beras hitam

Beras merah tak terbantahkan baik untuk kesehatan. Namun beras hitam sebenarnya jauh lebih baik lagi karena beras hitam ini mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi. Rutin mengonsumsi beras hitam akan meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Beras hitam juga mengadung antioksidan antosianin lebih tinggi dibanding blueberries.

2. Lentil hitam

Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi. Satu cangkir black lentil mengandung 8 mg zat besi, hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan, 18 mg per hari untuk perempuan. Lentil juga kaya akan serat larut yang bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi imun.

3. Blackberries

Polifenol yang ditemukan dalam buah beri hitam ini diketahui mampu mencegah penurunan fungsi kognitif yang terjadi karena penuaan. Polifenol akan bekerja membersihkan sel-sel yang mengganggu fungsi otak. Buah ini juga kaya akan serat.

4. Kacang hitam Kulit berwarna hitam yang menyelimuti kacang ini sarat akan bioflavonoid, nutrisi dari tanaman yang mampu melawan kanker.

5. Kedelai hitam Riset yang dilakukan oleh ilmuwan dari Korea menemukan mengonsumsi kedelai hitam secara teratur akan mencegah risiko trombosis, pembekuan darah yang berakibat fatal. Kedelai hitam juga mengandung asam alpha linoleat, jenis asam omega-3 yang mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Teh hitam

Teh hijau dan teh putih lebih terkenal dalam hal kesehatan. Padahal, teh hitam juga tak kalah bagusnya. Teh ini mengandung teaflavins, antioksidan yang bermanfaat mempercepat penyembuhan nyeri pada otot setelah olahraga. Minum teh hitam juga menurunkan risiko terkena serangan jantung.

7. Cokelat hitam

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association mengungkapkan cokelat hitam mengandung substansi yang disebut polifenol. Dalam ujicoba pada hewan percobaan, polifenol terbukti menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



31 komentar:

hobby exchange 23 Juni 2011 15.03  

pertamax nih...thanks infonya manfaat sekali kawan.

xamthone plus 24 Juni 2011 09.19  

ough bgto ya mas, baru tahu jg nih mknan hitam yg menyehatkan,,
mkzh ya mas bwt info'y sangt bermnfaat sekli.

obat alternatif 24 Juni 2011 09.20  

ulasan yg mantap nih mas,,,
thanks ya bwt info'y semoga dpt bermnfaat...

obat herbal asam urat 25 Juni 2011 10.32  

emz baru tahu jg nih mas,,,
info yg sangt bermnfaat sekli.
mkzh ya bwt share'y,,,

obat alternatif luka bakar 25 Juni 2011 10.34  

artikel yg bagus nih mas,,
emz klw q ce ska m cokalat'y. he...
cz cokelat favorit q.

Mercedes-Ben Mobil Mewah Terbaik Indonesia 27 Juni 2011 07.05  

manta gan sharingnya.... bermanfaat sekali :D

obat penyakit tipes 29 Juni 2011 09.02  

hmmm gitu ya,,,,
makanan hitam yang paling saya duka sich kacang hitam, coklat hitam, teh hitam

agen xamthone plus bekasi 1 Juli 2011 14.42  

wahhh bgitu toh ternyata.
yang hitam2 saya lebih suka sama coklat hitam aja dehh

obat herbal kanker prostat 2 Juli 2011 11.21  

ough bgtu mas,,,
klw aku paling suka sama cokelat wlpn hitam v enak. he..

agen xamthone plus batulicin 4 Juli 2011 16.19  

postingan yg sangt menarik nih mas,,
ternyata mkanan hitam jg da yg menyehatkan.
nice info..

obat tradisional 10 Juli 2011 21.24  

Wah baru tahu nih gan ternyata sihitam menyehatkan, tapi kalau kopi hitam gimana sehat gak??? thx infonya

obat diabetes 12 Juli 2011 16.02  

emz bgtu ya mas,,
baru tahu jg nih,,,emz klw q ska sekli sma cokelat. he...
mkzh ya bwt info'y...

agen xamthoneplus jakarta 14 Juli 2011 16.32  

wah mntaap gan..
hehe

jdi kepengen...

agen xamthone plus bengkulu 22 Juli 2011 09.57  

mksih bnyak infonya.
dan yang hitum itu juga ada yang menyehatkan.

agen xamthone plus depok 22 Juli 2011 10.50  

kaya nya enak tuh makanan nya,,
asyik,,,,

agen jelly gamat tegal 27 Juli 2011 11.56  

kaya nya harus di beli nih kalau sehat mah

xamthone plus 10 Agustus 2011 11.01  

ya bener banget tu,,,
apalagi beras hitam,, v harganyapun lebih mahal daripda beras putih,,,, hehehe

Obat Alami Radang Paru-Paru 20 Agustus 2011 15.29  

kalo anggur itu bagai mana pak kan itu hitam heheh

ika 3 Desember 2011 17.56  

wah iniiiii makanan paling ueenakkk

http://artikel-nonstop.blogspot.com/

anu 4 Januari 2012 14.56  

I must say that overall I am really impressed with this blog.It is easy to see that you are impassioned about your writing. I wish I had got your ability to write. I look forward to more updates and will be returning.Web hosting companies in india

uii profile 4 Oktober 2012 14.31  

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP