Andalas Van Java Online

Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Tips Berobat yang Efisien

Ada hal-hal yang harus kita pahami agar berobat makin efisien. Sebab, sakit tidak selalu mahal.

1. Tidak semua obat manjur
Biasanya obat sudah memberi efek setelah beberapa kali minum. Bila ini tidak terjadi, Anda berhak bertanya ke dokter yang memeriksa.

2. Tidak semua resep harus kita terima
Dalam menulis resep, dokter beracuan pada dua hal. Pertama, memberi obat pereda gejala. Kedua, memberi pokok yang menuntaskan penyebab sakit. Jika kita tahan dengan keluhan pilek yang menyertai flu, silakan tolak jenis obat yang pertama. Yang lebih diperlukan adalah obat pokoknya.

3. Curiga jika diberi obat terlalu banyak
Kita patut bertanya jika dokter menulis resep sangat panjang, sebab ada dokter yang memberi banyak obat karena ragu dengan diagnosisnya. Resep berlebih dapat menyebabkan iatrogenic. Artinya pasien tambah sakit karena diagnosis tidak tepat.

4. Apotek tidak berhak menukar resep
Adakalanya apotek menukar obat yang tidak sesuai dengan resep tanpa konfirmasi. Mungkin persediaan obatnya terbatas. Ini menyalahi kode etik. Kalau ingin menukar obat, sebaiknya bertanya dulu ke dokter.

5. Tidak semua obat harus dihabiskan
Tanyakan ke dokter, perlu atau tidak kita mengonsumsi obat sampai habis. Lalu, apakah obat bisa digunakan lagi jika suatu hari menderita sakit yagn sama. Obat jenis pereda gejala biasanya tak perlu dihabiskan.

6. Cek harga lewat internet
Beberapa apotek sudah memiliki situs sendiri. Di situs itu kita bisa membandingkan harga atau belanja online. Beberapa situs yang bisa Anda kunjungi yaitu www.kimiafarmaapotek.com dan www.apotik-tempo.com.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



7 komentar:

bikemodify 20 Desember 2009 pukul 06.52  

Kereen tipsnya mas..
ijin bookmark dolo ya..
makasih..

BEST HDTV ANTENNA 17 Februari 2011 pukul 03.12  

Keep 'em coming... you all do such a great job at such Concepts... can't tell you how much I, for one appreciate all you do!

Digital Photo Keychain 17 Februari 2011 pukul 03.15  

Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me.

Bright Teeth Whitening 17 Februari 2011 pukul 03.18  

Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon.

THE HOTTEST NEWS 17 Februari 2011 pukul 03.20  

I was very encouraged to find this site. I wanted to thank you for this special read. I definitely savored every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.

TREND CITY 17 Februari 2011 pukul 03.23  

Finally, an issue that I am passionate about. I have looked for information of this caliber for the last several hours. Your site is greatly appreciated.

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP