Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

9 Penyakit yang Diwariskan Keluarga

Sejarah keluarga memegang peranan penting dalam kondisi kesehatan seseorang. Misalnya jika dalam keluarga ada riwayat penyakit kanker, itu berarti kita atau anak-anak kita memiliki kemungkinan untuk mewarisi gen yang sama. Dengan kata lain risikonya untuk terkena kanker jauh lebih tinggi daripada risiko individu yang tidak memiliki gen tersebut.

Sejauh ini para ilmuwan telah mengidentifikasi gen-gen yang dapat meningkatkan sekitar 400 kondisi penyakit paling menonjol, seperti misalnya parkinson dan cystic fibrosis atau kondisi fatal yang disebabkan oleh mutasi genetik. Cystic fribrosis menyebabkan terbentuknya lendir lengket dan tebal di dalam paru-paru dan berbagai bagian lain.

Kendati demikian beberapa penyakit tidak hanya disebabkan oleh gen tunggal melainkan akibat kombinasi beberapa faktor seperti pola makan dan gaya hidup. Sebut saja misalnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau skizofrenia.

Berikut ini beberapa penyakit beserta persentase tingkat risiko yang mengkin bisa diturunkan terkait riwayat yang dimiliki oleh anggota keluarga :

1. Tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal atau kronis (dalam waktu yang lama). Hipertensi sering tidak disadari karena tidak bergejala. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan pengukuran tekanan darah. Jika tidak segera diobati, dapat meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung.

Risiko diturunkan: Menurut para ahli, jika salah satu orang tua Anda memiliki tekanan darah tinggi, risiko Anda mendapatkan penyakit ini sebesar 15 persen atau bahkan lebih tinggi.

2. Kolesterol tinggi

Dalam keluarga yang sama, kadang para anggotanya memiliki tingkat kadar kolesterol tinggi. keadaaan ini dalam ilmu kedokteran disebut Familial Hypercholesterolaemia (FH). FH disebabkan oleh perubahan gen dimana lemak tidak dimetabolisme dengan baik dalam darah dan menumpuk di arteri. FH merupakan satu contoh dari sifat genetik yang dominan, yang berarti bahwa seseorang memerlukan hanya satu gen abnormal untuk memiliki kondisi tersebut.

Risiko diturunkan: Dr Nigel Capps, dari Inggris mengatakan, jika salah satu orang tua Anda memiliki hiperkolesterolemia familial, maka Anda memiliki risiko 50 persen mendapatkan penyakit tersebut.

3. Hipotiroid

Hipotiroid terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup hormon tiroksin. Gejala yang muncul biasanya sering merasa kelelahan dan penurunan berat badan. Penyakit ini tujuh kali lebih mungkin terjadi pada perempuan.

Risiko diturunkan: Dr Mark Cohen, konsultan endokrinologi dari Spire Bushey Hospital, Hertfordshire mengungkapkan, memiliki saudara atau ibu dengan tiroid (kurang aktif), maka Anda memiliki risiko 20 kali lebih mungkin untuk mendapatkannya.

4. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar (juga dikenal gangguan manik depresi) adalah suatu kondisi yang menyebabkan periode depresi dan mania, biasanya dipicu oleh stres. Diduga disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia di otak, dan pengaruh faktor genetik.

Risiko diturunkan: Jika ada orang tua yang memiliki penyakit ini, maka risiko untuk setiap anak-anak mereka mengalami hal sama adalah sebesar 10-15 persen.

5. Diabetes tipe 2

Umumnya gejala awal diabetes tipe 2 tidak dapat dideteksi. Risiko mengidap diabetes cukup tinggi jika keluarga, orang tua atau saudara Anda juga memiliki riwayat penyakit ini.

Risiko diturunkan: Jika ada salah satu orang tua dengan diabetes tipe 2, risiko penyakit itu diturunkan sebesar 15 persen. Tetapi jika kedua orang tua memiliki kondisi tersebut, risiko penyakit itu diturunkan kepada anak mereka sebesar 75 persen. Namun, faktor lain seperti kegemukan, malas olahraga dan makan yang tidak sehat dapat meningkatkan resiko.

6. Arthritis (radang sendi)

Osteoarthritis adalah jenis penyakit sendi yang disebabkan oleh keausan sendi dan merupakan salah satu dari keluarga besar penyakit arthritis yang paling sering terjadi. Penyakit ini mempengaruhi sekitar 80 persen orang pada suatu waktu dalam kehidupan mereka.

Risiko diturunkan: Banyak masyarakat yang menganggap kalau osteoartritis adalah penyakit yang diturunkan. Tetapi Dr. Sanggar mengatakan, kondisi seperti ini sebetulnya sangat jarang diwariskan. "Ini biasanya terjadi karena keausan pada sendi," katanya.

7. Motor Neuron Disease (MND)

MND adalah suatu penyakit mematikan yang sudah dikenal sejak abad ke-19. Karena relatif jarang ditemukan sering seorang dokter luput mendeteksi gejala-gejala penyakit ini bahkan banyak yang mendiagnosanya sebagai stroke.

Penyakit umumnya merusak sistem saraf sehingga menyebabkan otot lemah. Penyakit ini cenderung mempengaruhi orang berusia lebih dari 40 tahun dan lebih sering menimpa laki-laki. Penyebab pastinya belum jelas, tetapi penyakit ini bisa diturunkan.

Risiko diturunkan: Peneliti mengatakan, sekitar 10 persen penyakit ini dapat diturunkan jika Anda memiliki kerabat dekat dengan kondisi seperti tersebut.

8. Kanker payudara dan ovarium

Kanker payudara adalah kanker paling umum yang diderita kaum perempuan. Di Indonesia, kanker payudara merupakan salah satu penyakit penyebab terbesar kematian pada wanita. Sedangkan kanker ovarium, biasa dikenal dengan "silent killer", menduduki peringkat ke-lima sebagai penyebab kematian pada wanita akibat kanker.

Risiko diturunkan: Menurut penelitian sementara 90 persen kasus tidak diwariskan. Hanya 5-10 persen kanker payudara disebabkan oleh mutasi gen yang diwariskan dari satu ibu atau ayah. Mutasi gen BRCA1 dan BRCA2 adalah yang paling sering. Perempuan dengan mutasi ini memiliki risiko terkena kanker payudara sampai 80 persen. Meningkatnya risiko kanker ovarium juga dikaitan dengan mutasi gen ini.

9. Parkinson

Penyakit parkinson dimulai secara samar-samar dan berkembang secara perlahan. Pada banyak penderita, pada mulanya parkinson muncul sebagai tremor (gemetar) tangan ketika sedang beristirahat. Penyakit ini cenderung diturunkan, walau terkadang faktor genetik tidak memegang peran utama. "Sekali lagi, ini adalah kondisi multi-faktorial," kata Dr Walker.

Risiko diturunkan: Menurut Walker, mereka yang mempunyai orangtua, saudara atau kerabat dekat dengan gangguan parkinson, maka dua kali lipat lebih mungkin untuk mengalami hal serupa.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



38 komentar:

agen xamthone plus bandung 14 September 2011 23.55  

aku pengen di warisi oleh ilmu dan pengetahuan yg mereka miliki bukan PENYAKIT nya,,
amit-amit.....

Andi Blog 15 September 2011 22.34  

mau nambahin gan..
asma jg penyakit keturunan kan ???

obat penyakit jantung 18 September 2011 12.32  

haha mantap juga nie penyakit yng d wariskn oleh keluarga..

Agen xamthone plus sidoarjo 18 September 2011 23.21  

wahh,,, mudah"an aja turunan saya gk afa yg kna penyakit...

Amiennn...

xamthone 19 September 2011 12.21  

mkzh mas buat share'y jadi mnambah pengetahuan baru nih...

Obat Penyakit Diabetes Mellitus 19 September 2011 12.22  

emz bgtu ya mas,,,mudah2 saja di turunan keluarga saya tidak ada penyakit keturunan seperti itu.

obat herbal maag kronis 19 September 2011 12.24  

postingan yang bermnfaat nih,, emz ternayata bgtu ya,
nice share mas......

obat alami kanker payudara 19 September 2011 12.25  

siip mas bwt info'y
slam knal ya......

agen xamthone plus Palu 19 September 2011 16.41  

postingan yang mnarik dan juga bermnfaat nih mas
slam knal ya.....

agen xamthone plus bandung 19 September 2011 22.02  

ilmu nya nempel di otak nih..
heheh mksih ya,,,,

jelly gamat 20 September 2011 00.44  

kalo dengre-denger penyakit jantung juga...

xamthone plus 20 September 2011 11.43  

yaahhh ko tega-taganya ya keluarga bisa mewariskan penyakit seperti itu..
hheh

Obat herbal diabetes 21 September 2011 00.33  

smoga saya gk diwariskan penyakit,,,

Obat herbal stroke 21 September 2011 00.34  

ternyata bukan cuma harta jga yg diwariskan,,,
penyakit jga diwariskan ya,,

Blog Directory 21 September 2011 21.56  

Blogsitem.info the popularity of blog sites and quality competition. Blogsitem.info directory of your Web site or blog address can join the contest by adding your blog. Win prizes and get involved in the largest blog directory as well. Details about the competition, can be found at Blogsitem.info. Please visit and signup for hits and contest.


Contact:
http://www.blogsitem.info
contact@blogsitem.info

Obat Herbal Kanker Serviks 22 September 2011 15.08  

emz baru tahu juga nih,ternyata seram juga ya
mkzh bwt share'y...........

Pengobatan Kanker Usus 24 September 2011 11.40  

mudah2an keluarga saya tidak memiliki penyakit itu, hehe
makasih banyak buat infonya sob

agen xamthone plus jambi 24 September 2011 16.21  

ough bgtu ya penyakit keluarga,,,
smoga saja klurga saya sehat semua...

obat herbal asam urat 24 September 2011 16.22  

postingan yang sangat bermnfaat nih sob....
mkzh ya bwt share'y

pengobatan herbal wasir 24 September 2011 16.24  

penyakitnya serem semua,..
bahaya juga yaa yang di wariskan, apalagi klo diwariskan semacam itu sihh susah juga di sembuhinnya..

apakah ini itu 25 September 2011 14.40  

asma juga termasuk kan mas...

temen saya ada yang punya penyakit asma katanya keturunan dari keluarganya...

xamthone 25 September 2011 17.36  

waduh,,jadi ngeri,,,
smoga ane dan keluarga terjauh dari penyakit itu...

Agen Xamthone Plus Bandung 25 September 2011 20.31  

ada yang tau kgk,,,cara biar penyakit itu kgk bisa nular ke anggota keluarga???

obat herbal stroke 25 September 2011 21.34  

thanks infonya mas..
n salam kenal ja

obat infeksi saluran kemih tradisional 26 September 2011 15.43  

wah kalo penyakit g boleh di turun-turunin, tapi kalo ilmu kepintaran perlu diturunkan..

Redita 4 November 2011 08.23  

Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,MATA MINUS,autis,epilepsi,asam urat ,kolesterol,stroke,kista,PENYUBUR KANDUNGAN,keloid,keputihan,asma,maag,kanker rahim,serviks,penyakit menular seksual,kanker otak,KANKER PAYUDARA,insomnia,diabetes,hiper/hipo tensi,,TBC,radang paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi Page kami di http://www.facebook.com/pengobatantradisionalalami

Adol 14 November 2011 20.17  

Now a day, most of the people are solving this inherited problem. Good and brief explanation. Buy domain name

ika 3 Desember 2011 17.51  

thnks infonya mas...

http://artikel-nonstop.blogspot.com/

Rackmountsales 13 Desember 2011 15.24  

I personally had great results from disease is inherited Families. So I just would say that always be positive and automatically you get back positive.
KVM Switches

Coverboy And Covergirl 16 Desember 2011 21.42  

artikel yang bagus ijin baca2, pengenya sih diwarisi ilmu

www.upik.tk 28 Desember 2011 08.07  

Wew, masih aja nih agan pake slogan :
U COMMENT I FOLLOW
Mantap...
BTW asma, Hemofilia, n DM juga gan...
:)

Kerudung cantik Rizhani 12 Januari 2012 13.24  

ada kejadian aneh nih di keluargaku, kakek dari ayahku itu punya darah tinggi, tapi ayahku malah darah rendah. nenek dari ibuku juga punya darah tinggi tapi ibuku punya darah rendah. dan anak dari ayah-ibukupun semua darah rendah. kenapa bisa begitu ya??
http://rizhani.wordpress.com/

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP