Andalas Van Java Online

Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Kondisi Kuku Menunjukkan Gejala Penyakit

TAHUKAH Anda bahwa kondisi kuku Anda dapat memberikan pertanda akan kesehatan Anda secara keseluruhan? Sedikit rona pucat di satu sisi, atau semburat kemerahan di sisi yang lain, beberapa kerutan atau memar, juga bisa merupakan tanda suatu penyakit. Masalah pada liver, paru-paru, dan jantung, adalah beberapa di antaranya. Coba lihat apakah kuku Anda terlihat seperti ini.

Kuku pucat. Kuku yang pucat bisa terjadi saat usia semakin menua. Namun kuku yang tidak segar lagi juga menjadi pertanda penyakit yang lebih serius, seperti anemia, diabetes, gagal jantung, penyakit liver, atau malnutrisi.

Kuku putih. Jika seluruh permukaan kuku cenderung putih dengan lingkarang yang lebih gelap, hal ini dapat mengindikasikan masalah liver, seperti hepatitis atau penyakit kuning.

Kuku kuning. Salah satu penyebab paling umum dari kuku yang kuning adalah infeksi jamur. Begitu infeksi ini memburuk, lapisan kuku akan menarik kembali, lalu kuku akan menebal dan hancur. Dalam kondisi yang lebih parah, meskipun jarang, kuku yang kuning mengindikasikan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah atau psoriasis.

Kuku yang membiru. Kuku dengan semburat warna biru bisa menunjukkan bahwa tubuh kekurangan oksigen. Hal ini juga dapat mengindikasikan infeksi paru-paru, seperti pneumonia.

Kuku yang berkerut. Jika permukaan kuku berkerut, garis pada bagian ujungnya terlihat mulai berbaur dengan permukaan kuku, atau memiliki lubang-lubang kecil yang samar, kemungkinan merupakan gejala awal psoriasis atau radang sendi.

Kuku mengelupas. Kuku yang kering dan rapuh yang berulangkali mengelupas atau patah seringkali dikaitkan dengan penyakit tiroid. Mengelupas, apalagi jika ada rona kekuningan juga berhubungan dengan infeksi jamur.

Kuku yang memerah. Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan mengembang, hal ini biasanya akibat radang lipatan kuku. Kemungkinan hal ini merupakan akibat penyakit lupus atau kelainan jaringan yang lain.

Kuku dengan garis hitam di tengahnya. Garis hitam di tengah di bawah kuku perlu diperiksa secepat mungkin. Kadang-kadang kondisi ini disebabkan melanoma, jenis kanker kulit paling berbahaya.

Kuku yang tergerogoti. Biasanya akibat menggigiti kuku. Kebiasaan menggigit kuku sendiri merupakan tanda kegelisahan, dan sering dikaitkan dengan kelainan obsessive-compulsive. Jika Anda tak bisa berhenti menggigiti kuku, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Meskipun perubahan kuku menunjukkan berbagai kondisi, perubahan ini jarang merupakan gejala awal. Ketidaknormalan kuku lainnya juga seringkali tidak berbahaya, tidak semua orang dengan kuku yang pucat mengalami hepatitis. Jika Anda ingin memeriksakan kondisi kuku yang terlihat tidak normal, Anda bisa menemui ahli dermatologi.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



6 komentar:

Skema Rangkaian 20 Desember 2009 pukul 06.53  

baru tau saya mas, klo kuku tu bs juga buat memonitoring penyakit..
nais share mas..

Nikmaya John 29 Maret 2011 pukul 07.52  

Sangat berguna nih,, bisa juga buat antisipasi penyakit,,,

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 29 Maret 2011 pukul 10.38  

I liked this post very much as it has helped me a lot in my research and is quite interesting as well. Thank you for sharing this information with us.

Newport Beach Houses 15 April 2011 pukul 00.46  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...

Unknown 27 Agustus 2014 pukul 12.21  

keren. Terima kasuh untuk tulisan - tuisannya ya :)

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP