Tentang Saya

Foto Saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Obat Paten VS Obat Generik

Siapa bilang beli obat itu selalu mahal ? Buktinya ada kok obat yang dijual dengan harga terjangkau kantong,yakni oba generik.Sayangnya,banyak persepsi keliru dalam masyarakat yang mengatakan bahwa obat generik kurang bagus dibanding obat paten.
Pada hal,obat generik memiliki khasiat dan komposisi yang sama persis seperti obat paten.
Lantas,apakah yang membedakannya ?
Obat-obatan yang tersedia saat ini memang terbagi menjadi dua macam yaitu,obat paten dan obat generik.Obat paten disebut demikian karena ada hak patennya.Obat paten diproduksi melalui penelitian yang bertahap,rumit dan panjang.
Setelah melewati berbagai uji baik laboratorium,uji pada hewan percobaan maupun pada manusia dan terbukti lolos atau memiliki efek terapi yang baik dan efek samping yang minimal,obat ini di patenkan untuk kemudian dijual.
Obat paten sangat mahal karena biaya penelitian yamg mencapai puluhan tahun yang menekan biaya sangat besar.
Obat paten yang sudah di produksi dan dijual dalam waktu yang lama akhirnya mencapai masa diluar hak paten ".
Nah,ketika masa diluar hak paten terjadi,maka obat paten dapat diproduksi oleh siapa saja dan biasanya disebut dengan obat generik.
Mudah dan murahnya mencari bahan baku membuat obat-obatan generik ini penyebaa murah harga jualnya meskipun kandungannya sama dengan obat paten tersebut.
Harga obat dipengaruhi oleh berapa lama obat tersebut beredar dipasaran dan bebas dari hak paten,jadi suatu obat dikataka mahal harganya/paten bila obat tersebut adalah jenis baru serta berbiaya penelitian tinggi.
Sementara obat generik merupakan obat yang diproduksi tanpa merk namun memiliki rumus kimia yang sama dengan obat paten yang di generik-kan.Harga obat generik sangat murah karena pabrik yang memproduksinya tidak perlu melakukan penelitian lagi karena tinggal meniru rumus kimia yang sudah diumumkan secara bebas,dan pabrik manapun boleh memproduksinya.
Saat ini obat generik mampu menyelamatkan masyarakat luas karena harganya yang terjangkau.Bahkan di Amerika terdapat anjuran dan ketentuan bahwa institusi kesehatan pemerintah hanya di izinkan memakai obat generik.
Seorang dokter pun selalu berusaha mengkampanyekan hal ini dengan mengobati anggota keluarga dengan obat generik.
Obat paten bisa kita gunakan apa bila kondisi tubuh kita sangat membutuhkannya.Misalnya ketika obat tersebut belum ada generiknya atau bila tubuh memberikan reaksi negatif misalnya alergi dengan meminum obat generik.(*)

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



11 komentar:

BEST HDTV ANTENNA 17 Februari 2011 01.56  

I was very encouraged to find this site. I wanted to thank you for this special read. I definitely savored every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.

Digital Photo Keychain 17 Februari 2011 02.00  

I admire the valuable information you offer in your articles. I will bookmark your blog and have my children check up here often. I am quite sure they will learn lots of new stuff here than anybody else!

Bright Teeth Whitening 17 Februari 2011 02.03  

Finally, an issue that I am passionate about. I have looked for information of this caliber for the last several hours. Your site is greatly appreciated.

THE HOTTEST NEWS 17 Februari 2011 02.05  

Thank you for another essential article. Where else could anyone get that kind of information in such a complete way of writing? I have a presentation incoming week, and I am on the lookout for such information.

TREND CITY 17 Februari 2011 02.08  

This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I really would want...HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

Nikmaya John 28 Maret 2011 19.03  

Teernyata brgitu sob,, jadi generik sama paten sama kualitasnya. Mulai dari sekarang mending saya pake yang generik aza (bisa hemat,,, hehehe.)

Newport Beach Houses 15 April 2011 00.17  

Terimaksih sharing informasinya mas..

komodo island is the new 7 wonders of the world 25 April 2011 01.54  

Teernyata brgitu sob,, jadi generik sama paten sama kualitasnya. Mulai dari sekarang mending saya pake yang generik aza

Steve 4 Mei 2011 22.37  

saya lebih cenderung pakai generik... hemat!!

JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING 5 Mei 2011 23.08  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...
JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING

Poskan Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP