Tentang Saya

Foto Saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Mengenal Gejala Hamil Anggur

Tumor Jinak Berbentuk Gerombolan Buah Anggur

HAMIL dan anggur, adalah dua kata yang menjadi kebahagiaan dan berkah bagi manusia. Namun, jika menjadi satu untaian kata, hamil anggur, justru menjadi petaka bagi para calon orang tua. Dokter umum Agustining Rahayu mengatakan, hamil anggur adalah kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi sebagai akibat kegagalan pembentukan bakal janin, sehingga terbentuk jaringan permukaan membran mirip gerombolan buah anggur.

“Hamil anggur sepintas lalu seperti hamil biasa, tapi isinya bukan janin, melainkan gelembung-gelembung mola. Kadang-kadang ada juga yang isinya gelembung mola tetapi masih ada janin. Pada keadaan ini, biasanya janin tidak bisa dipertahankan dan mengalami keguguran,” terang wanita yang akrab disapa dr Ayu ini.

Dia menjelaskan, istilah medis hamil anggur adalah Mola Hidatidosa, yakni kehamilan yang tidak normal, di mana sel telur yang telah dibuahi tidak tumbuh dan membelah sebagaimana mestinya.

Pada hamil anggur, jelasnya, sel telur yang telah dibuahi tumbuh secara “liar” dan cepat sehingga hanya terbentuk gerombolan gelembung-gelembung yang menyerupai buah anggur. Pada kehamilan anggur ini, perut wanita terlihat lebih besar dibanding dengan usia kehamilannya.

“Janin yang dikandung biasanya tidak mampu bertahan hidup, namun gelembung-gelembungtersebut terus saja membesar, tumbuh terus sehingga tampak seperti gerombolan buah anggur. Itulah sebabnya mengapa orang awam sering menyebutnya dengan hamil anggur,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penanganan hamil anggur adalah dengan kuretase. Setelah itu harus dimonitor dan di follow up dengan dengan ketat, karena kehamilan mola bisa berkembang ke arah proses keganasan yang disebut dengan chorio-carcinoma.

Dikatakan, beberapa faktor yang sering dikaitkan sebagai penyebab hamil anggur ini yaitu mutasi genetik (buruknya kualitas sperma atau ovum), kehamilan di mana janin akan mati dan tak berkembang, kekurangan vitamin A, darah tinggi, serta faktor gizi yang kurang baik.

Diperkirakan bahwa faktor-faktor seperti gangguan pada telur, kekurangan gizi pada ibu hamil, dan kelainan rahim berhubungan dengan peningkatan angka kejadian mola. Wanita dengan usia dibawah 20 tahun atau diatas 40 tahun juga berada dalam risiko tinggi. Mengkonsumsi makanan rendah protein, asam folat, dan karoten juga meningkatkan risiko terjadinya mola.

Apakah hamil anggur sama dengan hamil di luar kandungan? Menurut dr Ayu, hamil di luar kandungan terjadi apabila tempat menempel (nidasi) embrio (hasil pembuahan) berada di luar rongga rahim (carum uteri). Biasanya yang paling sering terjadi adalah menempel di saluran tuba atau saluran yang menghubungkan rahim dengan indung telur bagian kanan maupun kiri.

Disebutkan, adapun gejalanya, pada tahap awal adalah seperti kehamilan biasa, yaitu terhentinya haid disusul hasil tes positif pada kehamilan.

“Kondisi hamil di luar kandungan menjadi serius bila kehamilan terganggu, di medis disebut kehamilan ektopik terganggu (KET), umumnya tuba/saluran tempat menempelnya embrio pecah,” ungkap dr Ayu.

Gejalanya adalah nyeri perut yang hebat, disertai pucat karena ada pendarahan di dalam. Pasien cepat jatuh dalam kondisi syok, karena umumnya pendarahan yang terjadi sangat banyak tetapi tidak terlihat dari luar. Pada kondisi seperti, pasien membutuhkan penanganan yang ekstra tepat dan sedini mungkin.

Karena pengertian dan penyebab dari mola masih belum diketahui secara pasti maka kejadian mola hidatidosa sulit untuk dicegah. Bagaimanapun juga, nutrisi ibu yang baik dapat menurunkan risiko terjadinya mola.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



204 komentar:

bening 4 Mei 2009 19.05  

pertamax, nuat kapling dulu ah

bening 4 Mei 2009 19.08  

hemmmm....
semakin sering berkunjung kesini, semakin encer otakku he he he...
thanks ya atas sharing2nya

kotatuban 5 Mei 2009 09.47  

wah thanks banget info nya....

komen balik ya bro

Kristopher Tarush 29 Januari 2010 18.24  

ngak mau hamil anggur sangat menakutkan perut jadi buncit tapi tidak ada janinya.

agusta27 25 Februari 2010 14.53  

waduh, saya kira hamil terus ngidam anggur gitu pak. ternyata kanker toh. walaupun jinak tapi naudzubillah kejadian ama istri saya ntar

Anonim,  12 April 2010 15.24  

kalo pas hamil anggur tu kguguran gmana ?

bisnis online 3 Juni 2010 00.04  

belajar dulu, besok klo dah punya istri pasti berguna, thanks

PutraHostin.com dapur hosting hemat 10 Juni 2010 13.00  

wah bermanfaat banget infonya....thanx ya

gosip artis 11 Juni 2010 23.37  

artikelnya berkualitas tenan, benar-benar jos, banyak nambah ilmu, thanx dah di share infonya mas

investasi online terbaru dan tercepat 25 Juli 2010 14.40  

semoga saja istri saya gak akan mengalami penyakit seperti itu kang... jadi takut nich

GudangBlog 4 September 2010 17.55  

wah... bermanfaat banget nih buat saya nanti...
semoga yg menderita penyakit ini bisa lekas sembuh.

bang zul 8 September 2010 21.00  

alhamdulillah, lebaran jadi hari jum’at tgl 10092010
minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin

kang saya jadi inget ama almarmumah. minta doanya agar beliau di ampuni dosa2nya

Travelling tips 21 September 2010 22.03  

Thanks artikelnya, sangat bermanfaat... :D

bussiness tips 21 September 2010 22.04  

sangat bermanfaat, apalagi bagi yang pasangan yang sudah menikah

akmal 21 September 2010 22.07  

waduh nggak dong, but thanks atas artikelnya..

buJaNG 21 September 2010 22.08  

Jadi untuk cara pencegahannya belum diketahui ya...

Portal Berita Terkini 29 September 2010 21.32  

alhamdulillah istriku tidak mengalaminya

Download Nokia C3 Themes 10 Oktober 2010 07.14  

Thanks for this information. Very nice information

tas laptop murah 21 Oktober 2010 14.01  

wah manfaat banget nih artikelnya, thanks ya nambah2 pengetahuan...

via 23 Oktober 2010 23.21  

Infonya bermanfaat banget buat saya, makasih ya

Gadis Bugil 8 November 2010 19.21  

Info yg sangat bermanfaat

Laptops Notebooks Computer 11 November 2010 00.01  

adakah cara mencegahnya?? atau paling engak meminimalisir kejadian tersebut

home design cozy 13 November 2010 23.57  

good new for me thanks...
http://homedesigncozy.com/

justin bieber fans 14 November 2010 07.55  

wah bisa dijadikan pengalaman ntar pas istri hamil

Lirik Lagu Terlengkap 15 November 2010 07.57  

wah...
saya sangat berterima kasih atas informasi yg anda sajikan...
salam kenal dari saya
http://www.vco86.tk/

grosir pakaian anak 22 November 2010 13.07  

Informasinya sangat berguna untuk pengetahuan saya terima kasih mas

vpn seller 25 November 2010 09.55  

lucu juga ya bahasanya, "hamil anggur" he2

online business 25 November 2010 13.12  

wah pengetahuan baru nih..makasih sobat atas infonya

health articles 25 November 2010 13.20  

intinya jangan hamil di saat usia terlalu muda dan terlalu tua, gitu kan sob?

home improvement 25 November 2010 13.28  

good post, greeting from europe!

Jual Lukisan Murah 26 November 2010 19.46  

thanks infonya...sangat berguna..

Harga Toyota Avanza 1 Desember 2010 05.28  

artikel yg sangat bermanfaat Mas Bro..
mohon ijin sy bookmark ya. Trima kasih Mas Bro.
Sukses selalu..
Dealer Toyota Surabaya

Gallery Ekspresi 1 Desember 2010 20.46  

Kebetulan ada tetangga yang punya kasus seperti ini, dikira hamil ternyata sesuatu yang tidak diharapakan terimakasih artikelnya menarik.

SURGA DUNIA MANCING 4 Desember 2010 21.53  

pengetahuan baru buat aku sebagai orang teknik. makasih banyak....

Anonim,  6 Desember 2010 13.42  

bagaiamana mengetahui bahwa seseorang hamil anggur, adakah pencegahan dini ? sungiung ngiung

Download Themes Nokia 14 Desember 2010 11.03  

Informasinya sangat bermanfaat. Terima kasih mas

Download Mobile Content 14 Desember 2010 11.09  

Baru tahu ada yg namanya hamil anggur :)

velli, md. 29 Desember 2010 11.53  

siip..bgt infonya! muter2 nyari info mengenai hamil anggur..akhirnya nemu yg pas disini..
thanks gan..

blog doodey 7 Januari 2011 15.03  

makasi mas atas infonya. silakan mampir kesini :)

Jual Obat Kuat 9 Januari 2011 01.32  

moga saja istri saya besok tidak mengalaminya.. amien

rumahmode 11 Januari 2011 01.26  

wah...ngeri juga ya...
nice share

Gallery Ekspresi 12 Januari 2011 22.04  

Serem nich penyakit mudah - mudahan jauh dari kita

Steve 15 Januari 2011 17.04  

terima kasih sharingnya, sangat bermanfaat bagi orang banyak

tinta art paper 17 Januari 2011 13.35  

informasi penting dan berguna, keterangannya jelas dan lumayan lengkap, thanks

Wedding gowns 18 Januari 2011 15.08  

Kondisi hamil di luar kandungan menjadi serius bila kehamilan terganggu, di medis disebut kehamilan ektopik terganggu (KET), umumnya tuba/saluran tempat menempelnya embrio pecah,” ungkap dr Ayu.

Dallas Garage Door 25 Januari 2011 16.26  

Nice post.Thanks for sharing this.

miami home equity loan 26 Januari 2011 14.45  

Amazing post about Pregnancy Symptoms. I really like the way you've discussed your ideas about this symptoms. Good post!

Sinhala Songs 27 Januari 2011 12.50  

Kondisi hamil di luar kandungan menjadi serius bila kehamilan terganggu, di medis disebut kehamilan ektopik terganggu (KET),

wikige 27 Januari 2011 18.09  

gelembung" di perut istri?
(kalau bahasa jawanya mblekutuk")
hmm..tapi perkembangan gelembungnya ga sampe out of control kan??
masi di dalam perut???
serem ngebayanginnya

coretan9 29 Januari 2011 07.40  

jadi ingat waktu kakak saya hamil dulu.. !! persis n mirip. thaks yaa jdi bekal n pengalaman ntar...

Business Ideas 30 Januari 2011 11.37  

Good release ideas begins, se you Next...:)

Cerita Dewasa 1 Februari 2011 10.14  

Artikel yang sangat bermanfaat pak

Cerita Dewasa 1 Februari 2011 10.15  

Jadi nambah 1 lagi pengetahuan saya..

Asyik Ngorbit 3 Februari 2011 05.13  

Berguna buat esok klo d punya isti kali, syukron...O_^

Vitamin For Hair Growth 4 Februari 2011 22.10  

Wah..bermanfaat skali infonya..terima kasih

Usaha Sukses 12 Februari 2011 11.17  

thanks ya atas infonya, sangat bermanfaat sekali..

Javahostindo Web Hosting Indonesia 21 Februari 2011 10.28  

Info yang menarik sob... Di tunggu info menarik selanjutnya

Breaking News Trends 26 Februari 2011 00.12  

Ini Kunjungan Pertama saya ke Blog ini. Saya Mendapatkan begitu banyak Informasi dari Blog Anda yang sangat bermanfaat ini, terlebih pembahasan bahasanya enak dan mudah dipahami.

Saya benar-benar sangat berterimakasih atas informasi yang anda berikan. Lain kali saya akan berkunjung lagi dan Saya Bookmark Blog anda untuk mendapatkan artikel terbaru yang akan anda tulis. Keep up the Good Work !

disposable nitrile gloves 11 Maret 2011 22.22  

I wanted to find out what comments you got. Great blog by the way. I did a search on the matter and found the majority of persons will have the same opinion with your blog.

Sexy Costumes 12 Maret 2011 13.38  

Good post! I want to thank you for sharing your thoughts and putting the time into the articles you publish. Great work!

Jefferson Condos in Portland 14 Maret 2011 13.10  

informative blog... I think this blog must need more consideration.

Squash Racquet 14 Maret 2011 19.18  

Thank you for your article, very much benefit to the reader.

Nikmaya John 29 Maret 2011 07.43  

TErnyata kehamilan juga harus diwaspadai, syukur istri kita hamil dengan selamat, namun kita juga harus mengetahui hal-hal seperti ini untuk pengetahuan.

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 29 Maret 2011 10.33  

I liked this post very much as it has helped me a lot in my research and is quite interesting as well. Thank you for sharing this information with us.

custom wedding gowns 30 Maret 2011 14.58  

This page appears to get a good ammount of visitors. How do you advertise it? It offers a nice individual twist on things. I guess having something authentic or substantial to talk about is the most important thing.

Wallpaper 3 April 2011 02.10  

kalau g salah ini juga keturunan besar.... apa lagi yang ada keturunan sering keguguran.. mudah2an keluarga saya g ada yg kayak gitu... amin

pulsa elektrik 4 April 2011 21.34  

thank pencerahannya nich sob,jadi tau hamil anggur itu seperti apa

Newport Beach Houses 7 April 2011 09.38  

ngeri juga yach hamil anggur itu :(

Newport Beach Houses 7 April 2011 09.39  

kondisi ibu lah yang akan mempengaruhi kehamilannya sendiri ga :-)

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 9 April 2011 09.19  

TErnyata kehamilan juga harus diwaspadai, syukur istri kita hamil dengan selamat, namun kita juga harus mengetahui hal-hal seperti ini untuk pengetahuan.

SMARTPHONES 9 April 2011 17.19  

artikel yang sangat mencerahkan. thanks ya gan udah di share :)

teh mahkota dewa 14 April 2011 16.10  

ada-ada saja hamil anggur, kalau hamil durian ada nggak ya

Newport Beach Houses 14 April 2011 23.50  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...

Life Insurance For Life 15 April 2011 10.27  

Nice info, thanks atas artikelnya. sangat bermanfaat

Source Code Visual Basic 6 17 April 2011 01.53  

aneh aneh wae mas, hamil kucing ada mas? he..

QSEW 19 April 2011 21.35  

info yang sangat bagus.... terima kasih banyak ya bos..

Agen Bola 21 April 2011 13.36  

mantab ulasannya mas.. perlu diperhatikan oleh calon ibu dan ayah nih

kaliabo 22 April 2011 16.44  

aneh juga judulnya aku baru denger tuh

Griya aniefa 23 April 2011 23.14  

Kirain hamil anggur tu kondisi adanya kista atau endometriosis.. ternyata penjelasan begitu ya...tq mas

komodo island is the new 7 wonders of the world 25 April 2011 02.01  

saya kira hamil terus ngidam anggur gitu pak. ternyata kanker toh. walaupun jinak tapi naudzubillah kejadian ama istri saya ntar

Kristin Cavallari 26 April 2011 23.41  

Nice post.., baru tau bahaya juga ya...,

♫ MUSIC SHARE ♫ 3 Mei 2011 10.20  

semoga nggak ada yg kena hamil anggur ini

CROCS kw 3 Mei 2011 22.49  

teman saya ada yang pernah ngalami hamil anggur...
nakutin juga sih....
thank you infonya bro...

JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING 5 Mei 2011 23.13  

Mantab gan analisannya,
sangat bermanfaat bgt buat para pengunjung,
met sukses ngeblognya,
salam...
JASA PEMBUATAN RADIO STREAMING

facebone 7 Mei 2011 12.16  

Wah, aku baru tau ini.. baguslah informasinya..

Home Online Work 10 Mei 2011 04.42  

Jó ötlet így látogatókat szerezni! :)

nyeri sendi 20 Mei 2011 09.38  

jadi tambah ilmu nih...
thank ya info nya

obat diabetes militus 20 Mei 2011 09.59  

wah q baru tahu ternyata dha jg ya gjla hamil anggur, mksih ya bwt info'y...

penyakit hati 20 Mei 2011 10.44  

hahaha...
emang ada hamil anggur?

kaya buah ajj

rattan 21 Mei 2011 17.52  

Terima kasih banyak atas artikel yang sangat bermanfaat ini... Saya baru tahu ada yang kayak gituan... Semoga saja Istri kita dijauhkan dari penyakit semacam ini... Amin...

Anonim,  24 Mei 2011 13.27  

apaa ada cara lain kecuali kuret untuk angkat buah janin yang gagal dibuahi ?
balaass.. :D

Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah 25 Mei 2011 00.51  

makasih Gan.
artikelnya brmanfaat nh, nmbah ilmu bru heheh :D

yopie 25 Mei 2011 21.06  

haduh jadi khawatir ini, mau jadi seorang ayah...

Top Free Web Hosting 26 Mei 2011 13.50  

Ih, ngerinya. :-o
Semoga semua istri di dunia terhindar dari hal seperti hamil anggur ini.

Buy Facebook Fans 27 Mei 2011 02.47  

Thank you for such a fantastic blog. Where else could anyone get that kind of info written in such a perfect way? I have a presentation that I am presently working on, and I have been on the look out for such information.

wicker furniture 7 Juni 2011 13.15  

terima kasih banyak mas... semoga semua informasi obat dalam blog ini mejadi doa buat mas... amin...

Lingerie Wholesale 7 Juni 2011 13.56  

I enjoyed the article above, thank you, but I think it omits another source of type-in traffic that I feel may be underestimated in a lot of domaining circles.

East Austin Homes For Sale 13 Juni 2011 17.48  

This looks like a great resource.I'm very interesting to read your blog. Thanks for posting this.

waqas majeed 14 Juni 2011 20.14  

This looks like a great resource.I'm very interesting to read your blog. Thanks for posting this.
East Austin Homes For Sale

waqas majeed 14 Juni 2011 22.52  

This looks like a great resource.I'm very interesting to read your blog. Thanks for posting this.

Southeast Austin Homes For Sale

waqas majeed 14 Juni 2011 23.07  

Cool....i just love learning new things, thanks for the good instruction that i have found here.
http://www.prideoftexas.net/northwest-austin-homes.htm

Anonim,  14 Juni 2011 23.43  

wow this is so myterious! I liked the story and I wil share it with my friends, think they will lied it so much as I did. Indeed I gave the link to you post to some of them and they are now your constant readers!
East Austin Homes For Sale

Central Austin Homes 15 Juni 2011 10.00  

Excellent information, this is exactly what I needed. Thanks. Keep up the good work!

East Austin Homes 15 Juni 2011 10.01  

Thank you so much for this wonderful information

North Austin Homes 15 Juni 2011 10.02  

I like your information. I have been looking for this type of information that is interesting and good

Southwest Austin Homes For Sale 15 Juni 2011 10.03  

i have read many blogs of you regularkly and become fan of your posts.

waqas majeed 15 Juni 2011 20.17  

Cool....i just love learning new things, thanks for the good instruction that i have found here.
href=" http://www.prideoftexas.net/northwest-austin-homes.htm
East Austin Homes For Sale

waqas majeed 15 Juni 2011 21.50  

Hi found your content to be very interesting appreciate the good work you doing…
South Austin Homes

waqas majeed 15 Juni 2011 23.48  

This is really nice info.Thanks for such a wonderful post.
Southeast Austin Homes

West Austin Real Estate 16 Juni 2011 09.57  

This is really nice info.Thanks for such a wonderful post.

Southwest Austin Real Estate 16 Juni 2011 09.58  

Ohh its really cool to have such amazing post Thanks and regards...

Southeast Austin Real Estate 16 Juni 2011 09.59  

Your all the post is so interesting so when is the next post coming?

Anonim,  16 Juni 2011 14.36  

Keep us updated about this I would like to hear more on this topic!East Austin Homes For Sale

Anonim,  16 Juni 2011 15.01  

Keep us updated about this I would like to hear more on this topic!North Austin Real Estate

Anonim,  16 Juni 2011 16.10  

Keep us updated about this I would like to hear more on this topic!East Austin Homes For Sale

waqas majeed 16 Juni 2011 16.51  

This has been a so interesting read, would love to read more here....
Southwest Austin Homes

waqas majeed 16 Juni 2011 17.45  

This has been a so interesting read, would love to read more here....
Southwest Austin Homes

waqas majeed 16 Juni 2011 20.04  

Its a great post.i wii definately share it with my friends.
West Austin Homes

waqas majeed 16 Juni 2011 22.50  

Its a great post.i wii definately share it with my friends.
West Austin Homes

Anonim,  17 Juni 2011 17.34  

Hi found your content to be very interesting appreciate the good work you doing…
Many many thanks to you for this great share.East Austin Real Estate

water heater dallas 17 Juni 2011 18.22  

Cool....i just love learning new things, thanks for the good instruction that i have found here.

waqas majeed 17 Juni 2011 19.34  

Thanks again and looking forward for your post on making more.
North Austin Real Estate

waqas majeed 17 Juni 2011 20.01  

Thanks again and looking forward for your post on making more.
North Austin Real Estate

waqas majeed 17 Juni 2011 21.04  

This has been a so interesting read, would love to read more here....
East Austin Real Estate

Central Austin Real Estate 17 Juni 2011 23.15  

Your Blog is Fabulous. Good article rather. Very interesting.

Anonim,  17 Juni 2011 23.52  

This has been a so interesting read, would love to read more here.....East Austin Homes For Sale

waqas majeed 17 Juni 2011 23.54  

This has been a so interesting read, would love to read more here...
East Austin Homes For Sale

Subscriber Management System 18 Juni 2011 20.12  

also your blog stff is mind blowing..

katerinak 20 Juni 2011 13.05  

hi
this is very good article .Thanks for sharig such a great article. Keep it up nice posting like this.

Thanks,
Katerina.
Free Classifieds

katerinak 20 Juni 2011 13.11  

Hi,
This is very good article about Megenal Gejala.
Thanks for Sharing such a great article to online viewers.

Thanks,
Katerina,
Free Classifieds

The Business Line 21 Juni 2011 09.34  

Thanks to share this great stuff...

STEPHEN JERRY 21 Juni 2011 19.16  

it is very useful post.i read it. it is very knowledgeable post.the best sites for careers and job.Thanks for the tips, some great tips for newbies and advanced users.thanks for sharing.

Web Hosting 23 Juni 2011 15.56  

Wow!! i am very impressed with your lovely post.. i am so glad to left comment on this..

Anonim,  24 Juni 2011 00.49  

Excellent information, this is exactly what I needed. Thanks. Keep up the good work! cheap hotels

Sexy Lingerie 27 Juni 2011 17.08  

I was very encouraged to find this site. I wanted to thank you for this special read. I definitely savored every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.

Mari Berkomunitas Di Faceblog 1 Juli 2011 12.26  

ngeri banget penyakitnya.jinak-jinak ternyata tumornya bahaya.moga-moga nggak ada yang kena penyakit kayak gini.

tri aris 3 Juli 2011 00.23  

artikel yang menarik. baru tahu memang begitu besar jasa seorang ibu yang harus menanggung resiko sebesar itu.

shutterfly coupons 3 Juli 2011 18.29  

It is really a nice and helpful piece of information. I’m glad that you shared this useful info with us. Please keep us up to date like this. Thank you for sharing.

Discount Codes 5 Juli 2011 03.56  

hi it is really good i like your post and good information.

Aldio 12 Juli 2011 16.46  

Tambah ilmu ni... mksih udh share

obat alternatif 12 Juli 2011 21.42  

bahasan yang sangat bermanfaat....

coretanku 13 Juli 2011 17.14  

pelajaran yang sangat berharga.
terima kasih sharingnya..

Basic Learning 13 Juli 2011 17.18  

Ilmu yang sangat bermanfaat untuk kawula muda mas.

ads middle post 13 Juli 2011 17.23  

berarti harus lebih berhati2 dengan makanan yang kurang sehat.
pembahasannya menarik gan..
padat dan berisi.

Cara Membuat Website 21 Juli 2011 17.21  

mantab bos.... hal tsb memang perlu diketahui tanda2nya, biar bisa segera diambil tindakan yg tepat

kesehatan alami 28 Juli 2011 14.57  

beraneka ragam penyakit yang ada pada rahim.
subhanallah !

xamthone plus 28 Juli 2011 15.02  

mksih bnyak atas postingannya,
mari kita gerakan kesadaran akan kesehatan.
klo bkan kita yang memulai, mungkin perubahan itu tak akan terjadi

jelly gamat 28 Juli 2011 15.03  

ngeri bgt.
subhanallah !!

First Choice Discount Code 31 Juli 2011 03.02  

wah bermanfaat banget infonya....thanx ya

wedding gowns 8 Agustus 2011 13.53  

I will from the make a breakthrough. I'm going to change. I get a lot of interesting information That inspired this website. I will from leave and never return.

register domain in India 9 Agustus 2011 18.39  

It's quite an interesting one. This is my first visit here and i am really inspired with your writing skill. The way you wrote this article is so simple and we feel to read it.

How can I make money on the Internet? 10 Agustus 2011 20.36  

It turned out that pregnancy should also be aware, we are grateful pregnant wife safely, but we also need to know things like this for knowledge.
How do you advertise it? It offers a nice individual twist on Things. I guess having something authentic or substantial to talk about is the most Important thing.
How can I make money on the Internet?

aplikasi android 5 September 2011 22.05  

saya baru tahu ada yg disebut hamil anggur

Liontrix 7 September 2011 23.50  

Info menarik, bro.. thanks

Web Designer 19 September 2011 15.04  

It is my great pleasure to visit your website and to enjoy your excellent post here. I like that very much.

pengobatan alami wasir 24 September 2011 16.36  

seremmm...
semoga aku di jauhkan dari penyakit ini..

Harry Irawan 16 Oktober 2011 20.12  

judulnya provokatif banget...bikin penasaran. Thanks infonya bos...sangat bermanfaat. Artikel dan Tips

waqas majeed 23 Oktober 2011 20.18  

Wow!! i am very impressed with your lovely post.. i am so glad to left comment on this..
This has been a so interesting read, would love to read more here....
seo tutorial

waqas majeed 31 Oktober 2011 01.23  

This is by far one of the most comprehensive posts i've seen here and look forward to more of the
Nice Post.
bioenergoterapia usa

Awais Majeed 13 November 2011 22.24  

I like your information. I have been looking for this type of information that is interesting and good.
Thank you so much for this wonderful information.
Chicago additions

Awais Majeed 13 November 2011 22.27  

Cool....i just love learning new things, thanks for the good instruction that i have found here.
Great post, I never knew that.
Katrina Kaif Well-wishers

Awais Majeed 13 November 2011 22.29  

i have read many blogs of you regularkly and become fan of your posts.
you have always nice things to post.
Peninsula Chicago Luxury Hotel

Cinta Lingkungan 15 November 2011 22.34  

jadi jangan hamil saat terlalu muda dan saat terlalu tua?
nice article :)

Bobby 18 November 2011 14.39  

Wow.. Nice info sob. Thanks for information ya.

Pabrik Tas

Hacker-Zone 24 November 2011 01.55  

This is what we call to the point information. I don’t know what stops other bloggers from avoiding this style! Saturn parts

Hacker-Zone 24 November 2011 01.56  

This page contains all the stuff related to its topic. It should be referred to anyone looking for such material! Subaru parts

tahmidur 3 Desember 2011 02.47  

I have read the article fully. It helped me very much. Thanks for this great article. Keep it up dude.

water retention causes

Ekant Sharma 6 Desember 2011 04.27  

I have read the article fully. It helped me very much. Thanks for this great article. Keep it up dude.

web designing delhi/ncr

Ekant Sharma 6 Desember 2011 05.11  

a writeup to take inspiration from! cheers to the author. I have become your fan in a minute!

to know how to make money online read http://techeninge.in

Ekant Sharma 6 Desember 2011 05.13  

to get proper consultation via numerology india to get out of problems, visit http://astrojagruti.in and see how your problems get resolved in time

Ekant Sharma 6 Desember 2011 05.14  

an awesome post to read out! I really loved it. and I have already subscribed to your blog for regular updates.

get your websites on top in google at affordable prices, visit http://www.iws24x7.com or contact us directly.

seo services in delhi/ncr

mobi 9 Desember 2011 14.40  

We're an Audio Video Installation company specializing in Home Theater Installation & Home Theater Installers.

Bobby 15 Desember 2011 17.20  

Wah bagus sekali nih info nya brow.. Nice post.. SAlam kenal ya gan.

Pabrik Tas Jakarta

Waqas Majeed 15 Desember 2011 21.01  

This has been a so interesting read, would love to read more here....
page rank image

Tips Hidup Sehat 30 Desember 2011 06.47  

sangat bermamfaat artikelnya, kunjungi jg blog saya untuk tau tentang cara-cara hidup sehat

Rex Peter 3 Februari 2012 08.45  

It was a beneficial workout for me to go through your webpage. It definitely stretches the limits with the mind when you go through very good info and make an effort to interpret it properly. Suchmaschinenoptimierung

Poskan Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP