Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Flu Singapura Kembali Mengintai Anak-anak

Flu memang bukan penyakit baru. Setiap pergantian musim dari penghujan ke kemarau atau sebaliknya, wabah flu selalu datang menyerang banyak orang. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ada satu jenis flu yang jadi buah bibir. Namanya flu singapura. Dalam ilmu kedokteran flu ini dikenal dengan sebutan Hand, Foot andM outh Disease (HFMD).

Gejala flu jenis ini sama seperti flu pada umumnya. Hanya, jika menyerang pada anak-anak, flu ini bisa memunculkan bintik-bintik merah berisi cairan di telapak tangan, kaki, maupun di mulut. Mirip seperti cacar.

Flu ini ditularkan oleh kelompok virus keluarga Picornaviridae yang termasuk dalam kelompok Enterovirus, Rhinovirus dan sebagainya. Termasuk di dalamnya adalah kelompok enterovirus yang terdiri dari virus Coxsackie A, B, Echovirus dan Enterovirus itu sendiri. Penyebab terbanyak adalah kelompok Coxsakie A16 (CA16), dan Enterovirus 71 (EV71).

Dokter spesialis paru Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM),mengatakan anak-anak mudah terserang flu ini karena daya tahan tubuh mereka belum sekuat orang dewasa. "Kalau orang dewasa yang kena, paling cuma muncul sariawan saja.

Menurutnya imun yang terdapat pada anak-anak belum sebanyak orang dewasa. Pada orang dewasa, jika terkena satu penyakit maka tubuh akan membentuk sel memori, sehingga tidak akan terkena penyakit yang sama untuk kedua kalinya. "Sedangkan anak-anak di bawah usia 10 tahun, memori imunnya atau sel antibodi belum sama dengan orang dewasa.

AWAS DAYA TAHAN MENURUN

banyak jenis virus flu atau infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan selalu berubah sehingga membuat orang dewasa juga sering terserang flu. "Tapi kalau daya tahan tubuhnya kuat, kemungkinan terserangnya sangat kecil. Karena flu hanya menyerang ketika daya tubuh sedang menurun.

Tidak ada obat khusus untuk mengatasi virus flu ini. Dokter hanya bisa memberikan multivitamin untuk menaikkan daya tahan tubuh.

Selain itu, dokter memberikan obat yang biasanya dipakai penderita influenza, obat penurun panas untuk mengatasi demam, dan salep untuk bintik-bintik di kulit. Penderita akan sembuh dengan sendirinya jika daya tahan tubuhnya sudah membaik.

Sama seperti flu jenis lain, flu singapura mudah menular saat terjadi kontak langsung dengan si penderita. Misalnya saat berbicara, batuk, atau bersin. Meski bukan penyakit mematikan, flu ini harus diwaspadai

Nah, untuk mencegah penularan virus, sebaiknya penderita tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain, terutama pada anak-anak. Jika ingin beraktivitas, sebaiknya menggunakan masker.

Bagi yang belum terkena, disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat dan makanan bergizi. Pasalnya, jika hanya mengandalkan vaksin, tidak akan efektif lantaran virus flu bersifat mudah bermutasi.

Kalau menyuntikkan vaksin, diperkirakan hanya bertahan satu sampai dua tahun. Tidak seperti vaksin hepatitis dan campak yang bisa buat seumur hidup. "Vaksin flu banyak ragamnya, kalau tidak tepat, hasilnya juga tidak maksimal.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



3 komentar:

Budi Nur 24 Februari 2012 12.38  

apakah flu ini sudah memakan korban jiwa mas?????
dan apakah flu ini berpotensi menular di indonesia???

Sucipto 27 Februari 2012 17.44  

Hi! Fast question that is totally off topic. Have you learnt tips on how to make your web site mobile friendly? My weblog seems to be weird when browsing from my iphone 4. I am looking for a theme or plugin that may be able to resolve this problem. When you have any recommendations, please share. With thanks! Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik

Rackmountsales 22 Maret 2012 13.15  

The overall improvements achieved by the children assessed let the author claim that even a short period of proposed training, i.e. sport stacking combined with physically active games, affected not only children’s hand-eye coordination and several related fine motor coordination skills, such as handwriting velocity, but also their general motor Coordination.

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP