Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Jangan Remehkan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan, gangguan kesehatan ini cenderung sering dialami anak. Gangguan ini biasanya dialami saat anak mengalami pilek dan flu. Dibandingkan dengan bayi, anak-anak balita lebih sering terserang radang tenggorokan.

DOKTER umum Agustining Rahayu mengatakan, saluran pernapasan itu terdapat dua saluran, saluran bagian atas dan bawah. Biasanya radang tenggorokan terjadi pada saluran bagian atas yaitu berupa peradangan yang terjadi yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Biasanya, radang tenggorokan yang menyerang pada anak-anak adalah virus.
Jadi saat virus menyerang tubuh anak dan daya tahan tubuhnya lagi menurun, dengan mudah terserang penyakit ini. Dan musim yang berubah-ubah juga memengaruhi berkembangnya penyakit ini, jelas dr Ayu, sapaan akrabnya.

Adapun gejala-gejala yang tampak apabila anak terserang radang tenggorokan ini adalah rasa kering di tenggorokan, gatal-gatal, nyeri dan batuk. Radang tenggorokan bila terangsang juga bisa disertai oleh batuk, terangnya.

Apakah minuman atau makanan dingin dan manis berbahaya bagi tenggorokan anak? Menurutnya, secara umum es atau makanan yang manis-manis tidak berpengaruh pada tenggorokan bila si buah hati dalam kondisi fit. Namun, bila sakit tenggorokan ini terjadi berulang-ulang, sebaiknya makanan atau minuman seperti itu harus dihindari.

Sebaiknya, paparnya, yang dilakukan oleh para ibu agar anaknya tidak mudah terkena radang tenggorokan ini adalah dengan menjaga daya tahan tubuh si buah hatinya agar selalu fit. Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi atau bila perlu diberi multivitamin dan menjauhi teman-temannya yang sedang sakit.

Karena radang tenggorokan ini menyerang saluran pernafasan, biasanya penyebaran virus terjadi melalui udara. Oleh karena itu, baiknya jauhkan si anak dari teman-temannya yang sedang sakit, ujarnya.

Jika anak Anda sudah terserang gejala radang tenggorokan, sebaiknya istirahat yang dan minum air yang banyak serta berilah vitamin C dosis tinggi.

Dia menambahkan, sakit radang tenggorokan juga bisa sangat berbahaya bila penyakit ini juga disertai oleh bakteri atau biasa disebut dalam dunia kedokteran virus sekunder. Radang tenggorokan yang diikuti oleh kuman atau bakteri spesifik seperti bakteri jenis difteri dapat menyebabkan peradangan yang disertai demam dan menimbulkan selaput-selaput pada tenggorokan sehingga menutupi saluran yang menyebabkan sesak napas.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



0 komentar:

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP