Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Atasi Masalah Gangguan Tidur Di Masa Kehamilan

Biasanya pada saat empat bulan terakhir masa kehamilan,ibu-ibu sering mengalami masalah tidur oleh karena perasaan tidak nyaman diseluruh tubuh atau kadang terjadinya mimpi buruk sehingga tidur terasa tidak pulas.
Ibu hamil yang semasa kehamilan muda atau sebelum hamil mempunyai kebiasaan tidur nyenyak,pada saat akhir kehamilan dapat mengalami gangguan tidur,oleh karena terjadinya berbagai perubahan fisik.
Beberapa kondisi fisik dan mental ibu hamil yang dapat mengganggu tidur antara lain adalah:
* Kejang-kejang atau kram pada kaki.
* Terasa kerasnya detak jantung dan pendek-pendeknya pernafasan.
* Makin sering ke kamar mandi untuk buang air atau pipis pada malam hari.
* Makin aktifnya gerak bayi terutama pada malam hari,sehingga banyak mempengaruhi kandung kemih.
* Susahnya Ibu hamil untuk merubah posisi kearah yang nyaman oleh karena makin besar dan beratnya rahim.
* Timbul sakit pinggang atau tulang belakang.
* Tidur makin banyak bermimpi.
* Mimpi yang tidak menyenangkan dan mudah di ingat setelah bangun tidur.
* Kecemasan menghadapi kelahiran nanti.
* Adanya perasaan Was-was tentang kondisi bayi,perasaan cemas apakah bayi yang dikandung normal atau tidak.

Bila mengalami Kram kaki,sebaiknya kaki dipijat dan di naikkan di dinding,kekurangan kalsium akan memperparah karam kaki,oleh karena itu dianjurkan untuk pemberian kalsium dari suplemen atau dari susu.

Kerasnya bunyi jantung dan pendeknya nafas,sering diperparah dengan keadaan kurang darah ( Anemia ),perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk pemberian suplemen zat besi sehingga keluhan dapat berkurang.
Berbaring miring searah punggun bayi sangat dianjurkan untuk mengurangi hambatan pembuluh Vena besar perut,sehingga aliran balik darah kejantung semakin lancar dan fungsi jantung akan semakin baik.
Selain itu posisi miring dan Ibu memegang lutut akan membantu tulang belakang menjadi rileks dan nyaman.
Sering pipis malam hari dapat dikurangi dengan membatasi minum pada malam hari,dan hindari minuman mengandung kafein seperti teh,kopi,karena akan merangsanp ginjal untuk lebih memproduksi air kencing.

Untuk mengurangi kecemasan dan ketautan akan keadaan bayi dan persalinan yang akan datang,dianjurkan untuk kumpul-kumpul bersama Ibu-ibu hamil yang lain.
Sehingga dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi yang baik,jangan lupa untuk mengkonfirmasi ulang semua informasi yang meragukan ke dokter ahli.
Tidak dianjurkan ibu hamil mengkonsumsi segala macam pil tidur.Melakukan relaksasi dengan musik atau cara lain membaca buku atau melakukan pekerjaan rumah sebelum waktu tidur bisa mempermudah untuk memasukkan jam tidur.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



0 komentar:

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP