Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Berbicaralah pada Diri Sendiri

Tanpa kita sadari, ternyata diri juga butuh untuk diajak bicara. Karena ternyata, dengan mengajak diri berbicara kita telah memberikan kesempatan untuk memperkaya diri.

Menurut para ahli, kebiasaan berbicara dengan diri sendiri atau self talk sudah ada sejak kita belajar bicara dan merupakan bagian dari proses belajar anak. Dan bicara dengan diri sendiri, tidak melulu dalam bentuk dialog dengan suara. Sebab semua yang terlintas dalam otak kita, sebenarnya cara kita berbicara dengan diri sendiri.

Maka jangan heran jika dalam satu menit, ada 150-300 kata. Itu artinya, 45-51 ribu kata per hari, total kata yang kita ucapkan setiap harinya pada diri kita sendiri. Menurut psikolog Toge Aprilianto dari Surabaya, berbicara pada diri sendiri bisa menjadi sangat dominan dalam diri setiap orang. Dan jika kita terbiasa berbicara pada diri sendiri akan memberikan banyak kelebihan, diantaranya:

1. Penyaluran emosi : Menggerutu karena lama menunggu adalah contoh dari berbicara dengan diri sendiri untuk menyalurkan emosi. Hanya saja, pastikan agar jangan sampai komunikasi dengan diri sendiri ini malah membuat kita semakin kesal.

2. Alat bantu mengambil keputusan : Semua faktor yang ada ketika kita dihadapkan pada dua kondisi untuk dipilih bisa dibicarakan pada diri sendiri dengan lebih fair.

3. Mengenal dan menerima diri sendiri : Berbicara dengan diri sendiri membuat kita lebih akrab dengan diri sendiri. Ini akan membantu kita tidak ikut terseret menjadi orang kebanyakan, karena kita lebih bisa mendengar kata hati kita ketika masuk dalam situasi atau lingkungan baru.

4. Berinteraksi dengan orang lain : Berbicara dengan diri sendiri akan menjadi media menimbang kebutuhan sendiri, mengira-ngira apakah orang lain bisa memenuhi kebutuhan kita, menimbang risikonya kalau ada untuk kemudian dijadikan referensi mengambil tindakan.

5. Memengaruhi orang lain dengan sehat: Sebelum menyakini orang lain, kita harus menyakinkan diri sendiri atau hal yang diinginkan dan direncanakan. Kalau kita tidak tahu apa yang kita mau, bagaimana bank akan percaya pada kita? Maka ajukanlah banyak pertanyaan kepada diri sendiri dulu, baru menyakinkan menyakinkan orang lain.

6. Mengembangkan diri : Berbicara dengan diri sendiri dapat menjadi media mengembangkan diri, jika kita menggunakan nada positif sama ketika kita menggunakannya untuk penyaluran emosi.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



8 komentar:

Harvey Culler 29 Juli 2010 14.15  

O gitu ya, iya bener juga ya karena hanya kita sendiri sebetulnya yang lebih paham apa yang sebetulnya kita butuhkan, kita inginkan.

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 9 April 2011 09.37  

ulasan yang mantab sekali, dan sangat bermanfaat untuk para pembaca,
met sukses dengan blognya gan :-)

kanker hati 11 Juni 2011 10.37  

owh jadi gitu ya, ternyata berbicara pada diri sendiri tuh cukup penting juga ya,,,,

xamthone plus 11 Juni 2011 10.38  

tentunya dalam batasan yang wajar, coz ada kalanya kita suka menyalahkan diri sendiri,, nah itulah yang tidak baik,,,

obat tradisional kanker serviks 11 Juni 2011 10.39  

yapz,,, banyak manfaatnya juga ya berbicara pada diri sendiri, bisa bikin kita lega.....

xamthone plus 15 Juni 2011 12.25  

yapz stju bgt,, memang berbicra pd diri sendri sangat penting jg,,

xamthone plus 15 Juli 2011 11.09  

harus sering'' nih berbicara pda diri sendiri,,,
biar bisa introfeksi

cari cara 27 November 2011 02.34  

ijin copas gan.. mudah2an bisa bermanfaat untuk semua :)

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP