Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Kenapa Pria Tidak Terbangun Saat Bayi Menangis?

SALAH satu tantangan terberat saat baru melahirkan si kecil adalah: pola tidur Anda akan berubah drastis. Anda akan sering terbangun tengah malam karena harus menyusui si kecil.

Pada saat tubuh begitu kelelahan seperti ini, Anda mungkin bertambah stres, karena suami ternyata tak mau bangun untuk bergantian menenangkan si kecil yang menangis. Setelah berulangkali dibangunkan, suami tak juga beranjak dari tempat tidur, sehingga Anda mengiranya berpura-pura tidur agar tak perlu repot mengurus bayi.

Namun penelitian baru menunjukkan, bila tangisan bayi umumnya akan mengganggu wanita, tidak begitu dengan pria. Menurut penelitian dari MindLab, tangisan bayi tidak termasuk dalam 10 hal yang mengganggu pria saat tidur. Pria, atau para ayah, akan lebih mudah terbangun karena alarm mobil, suara angin, bahkan suara lalat, daripada suara bayi mereka menangis.

MindLab mengukur aktivitas otak dari relawan yang tidur, untuk memonitor bagaimana otak dipengaruhi suara yang berbeda-beda. Lembaga riset ini mendapati bahwa wanita lebih mudah terganggu oleh kegaduhan daripada pria, dan lebih sulit untuk kembali tidur. Apakah mereka seorang ibu atau wanita lajang, wanita ternyata paling terganggu oleh suara tangis bayi.

"Sensitivitas yang berbeda ini dapat mewakili perbedaan evolusioner yang membuat wanita sensitif terhadap suara yang diasosiasikan dengan ancaman pada anak-anak mereka, sementara pria lebih mudah terjaga oleh gangguan yang menyebabkan kemungkinan ancaman terhadap seluruh keluarga," ujar Dr David Lewis, psikolog yang merupakan salah satu peneliti di lembaga tersebut.

Hm... menjengkelkan, ya. Jangan-jangan suara tangisan bayi malah membuat pria merasa dininabobokan?

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



5 komentar:

Wawank 14 Desember 2009 23.15  

Kak, ada cara nggak spy ayah langsng bangun wktu dgar bayi nangis, supaya ibu gak terlalu repot urus ade'!

WINARDI 15 Desember 2009 18.24  

@Wawank: Duh Gimana ya supaya ayah cepat bangun bila sang bayi menangis,soalnya saya juga sering gitu sich jadi saya bingun mau jawab apaan...mungkin suruh bayi kencing dekat ayah kali ya..

Hobby Exchange 15 Desember 2009 22.44  

wah baru tau jg nih, makasi infonya ya.

Bayu lebond 16 Desember 2009 01.48  

tp gw yg selalu ngurusin si adis kalo malem.
soalnya gw gak pernah bisa tidur malem.
gw tidur kl matahari udah terbit.

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP