Andalas Van Java Online

Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Awas..!! Selingkuh Berawal dari Curhat

MENGUNGKAPKAN isi hati atau lebih dikenal dengan istilah curhat kepada teman lawan jenis yang dilakukan salah satu pasangan keluarga ternyata berpotensi menjadi gerbong perselingkuhan di keluarga.

Psikolog Universitas Medan Area, Irna Minauli, MPsi, di Medan, Senin (10/8), mengatakan, curhat mengenai masalah keluarga kepada teman lawan jenis membuka peluang pasangan suami-istri melakukan perselingkuhan.

Tanpa disadari ketika seseorang hendak menceritakan hal penting di dalam hatinya pasti akan memilih teman curhat yang disukai.

Itu disebabkan adanya faktor trust (kepercayaan) seseorang kepada lawan jenisnya yang ingin dijadikan teman curhat, maka sudah terjadi pre-disposisi (pengalihan perhatian) saat itu.

Ketika seseorang curhat lalu direspons dengan baik oleh lawan jenisnya, terjadi dua perubahan psikologis, yaitu si pelaku curhat menemukan tokoh pahlawan karena telah berkorban meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesahnya. Sementara itu, yang mendengar curhat merasa pahlawan dan timbul rasa kasihannya.

Dari dua proses perubahan psikologis tersebut, mulai terjadi transfer energi dan intensitas emosional antar-dua lawan jenis tersebut, sehingga ketertarikan di antara mereka semakin kuat dan merasa lebih nyaman.

Setelah merasa nyaman, maka intensitas ngobrol dan curhat semakin tinggi. Semakin sering menceritakan keburukan pasangan, maka semakin kuat kebenciannya terhadap pasangannya itu.

Dalam hubungan interaksi orang dewasa, kontak fisik antar-mereka sering tidak bisa dihindarkan, sehingga bermula dari curhat dan berujung pada perselingkuhan. "Di situ lah terjadi proses berbagi rasa, berbagi raga," ujarnya.

Irna menyarankan, pasangan suami istri harus saling cerita permasalahan keluarga dengan pasangannya. Kalaupun sulit, mereka bisa curhat kepada psikolog, ulama atau kedua orangtua.

Menurut data yang dihimpun, dari 20 pasangan yang melakukan konsultasi ke psikolog, sekitar 80 persen adalah masalah perselingkuhan yang diawali dari curhat.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



2 komentar:

ivan kavalera 16 Agustus 2009 pukul 02.53  

Hemmmm, mesti harus lebih hati2 nih dg curhat ..atikel mantap nih, mas. Salut.8-}

Blogspot Template 2010 26 November 2009 pukul 00.57  

wah iya nih... hahah... salam kenal yaaa

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP