Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Agar Si Dia Enggan Berpaling

Pernah mendengar nasihat "Cara terbaik memenangkan hati pria adalah lewat perutnya"? Itu sih sudah kedaluarsa. Kata pakar hubungan Caroline Presno, penulis Profiling Your Date: A Smart Woman's Guide to Evaluating Man, jika Anda ingin memiliki cintanya, dan membuat dia tak bisa melepaskan pikirannya dari Anda, buatlah ia mau bercerita panjang lebar tentang dirinya kepada Anda. Setelah itu, dijamin dia tidak akan tahan untuk tidak bilang "I love you" pada Anda. Inilah tips dari Caroline untuk membuat pria membuka diri pada Anda.

Biarkan dia tahu Anda peduli. Seorang pria tidak akan mau membuka diri kecuali dia tahu betul bahwa Anda peduli pada dirinya. Salah satu cara terbaik untuk meyakinkannya adalah melalui bahasa tubuh Anda. Tunjukkan ketertarikan Anda pada topik pembicaraannya dengan cara tidak melipat kedua tangan di depan dada, duduk menjorok ke arahnya, dan melakukan kontak mata.

Sampaikan bahwa Anda mengerti setiap perkataannya dengan cara mengangguk, mengangkat alis, atau melakukan teknik "mirroring", alias Anda meniru ekspresi wajah dan gerakan kecilnya. Jadi, jika dia tersenyum atau kelihatan sedih, tampakkan hal serupa pada wajah Anda. Tindakan ini sama saja dengan mengatakan bahwa Anda betul-betul bisa mengerti perasaannya.

Pantang mengkritik. Tidak ada pria yang akan membiarkan Anda leluasa menjelajahi alam pikirannya apabila dia merasa Anda akan membuatnya kecewa, atau mengkritiknya habis-habisan. Jadi, kunci bibir rapat-rapat, meskipun Anda sudah gatal ingin melontarkan komentar seperti "Kok bisa-bisanya kamu melakukan itu?" atau "Kalau aku yang mengerjakannya, pasti hasilnya akan jauh lebih baik."

Berikan dia kebebasan untuk mengekspresikan diri secara terbuka dan jujur tanpa Anda menilai dirinya. Jika ia sudah merasa nyaman dan menganggap Anda adalah seorang pendengar yang baik, boleh jadi Anda akan terkaget-kaget mendengar rahasia mengejutkan yang terlontar dari mulutnya. Tak perlu memaksakan diri dengan berpura-pura setuju pada sikapnya, atau sependapat dengan pemikirannya.

Hapus kata "kenapa". Tahukah Anda, salah satu latihan yang dijalani para calon psikiater adalah menghapus kata "kenapa" dari dalam perbendaharaan katanya, ketika mereka sedang menghadapi pasien. Pasalnya, sering kali kata "kenapa" memiliki konotasi negatif di telinga seseorang. Meskipun Anda sekadar bermaksud memperjelas cerita yang sedang didengar, kata "kenapa" bisa disalahartikan seolah Anda sedang mengkritik tindakannya.

Jadi, ketika Anda bertanya, "Kenapa kamu melakukan itu?", boleh jadi yang terlintas dalam kepalanya adalah, "Kamu kok bodoh sekali sampai tidak memikirkan?" Makanya, ketimbang dia berhenti bercerita dan mulai memasang sikap defensif, lebih baik ganti kata "kenapa" dengan kalimat seperti, "Terus, gimana selanjutnya?"

Jangan pernah bilang "kita perlu bicara". Tak ada kalimat yang paling ampuh membuatnya lari tunggang-langgang kecuali kalimat "Kita perlu bicara". Pria tidak suka diberi ultimatum, terutama oleh seseorang yang tidak punya wewenang atas dirinya. Kalimat tersebut mengandung pesan tersirat bahwa dia telah melakukan tindakan yang salah, dan Anda akan memberinya teguran.

Cara terbaik untuk mengangkat topik penting dalam pembicaraan adalah justru dengan bersikap santai. Pilih saat ketika Anda dan dia sedang melakukan kegiatan kecil bersama, seperti waktu membeli CD, atau makan malam bareng. Ia akan merasa lebih nyaman menanggapi ajakan Anda untuk berbicara. Ingat, jangan melakukan pendekatan ketika ia sedang melakukan hal "penting" seperti sedang nonton pertandingan tim favorit, atau selagi ia asyik mengutak-atik mobilnya.

Pelajari seni mendengarkan. Seringkali Anda mendengarkan seseorang bercerita, tetapi tidak benar-benar menyimak apa saja perkataannya. Mungkin, Anda sibuk memikirkan komentar apa yang akan diucapkan nanti, dan bukannya memberikan perhatian penuh pada setiap ucapannya?

Ketika sedang berada di tengah percakapan, jaga perhatian Anda agar fokus pada lawan bicara. Jangan biarkan pikiran Anda mengelana sendiri, atau perhatian Anda buyar meski Hugh Jackman melintas di depan mata. Pria bisa merasakan apakah saat itu Anda betul-betul sedang mendengarkan perkataannya atau tidak. Menjadi seorang pendengar yang baik adalah cara paling ampuh untuk membuatnya berbicara secara terbuka kepada Anda.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



2 komentar:

kanker payudara 5 Agustus 2011 pukul 15.58  

siip siip sya mngerti,, hehehe
makasih y atas tips'y...
salam kenal juga

XAMthone 26 Agustus 2011 pukul 08.39  

owh begitu yah,,
mantap deh kalo begiotu, memang se orang cowok selalu tahan harga dulu heheh

Posting Komentar

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP