Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Risiko Menunda Kehamilan Dini

Jangan pernah menunda kehamilan,sebab semakin lanjut usia akan terjadi penurunan alat reproduksi.Demikian yang di ucapkan dr Hasto Wardoyo SpOG ( K ) dari Departement of Obstetry & Gyncology Faculty of Medicine Gajah Mada University Yogyakarta.
Usia subur perempuan diawali dari usia 20 sampai 35 tahun.Lebih dari itu usia tersebut tingkat kesuburan seorang wanita mulai berkurang.
Mungkin biasanya dalam sebulan indung telur memproduksi satu sel telur.Tapi jika usia lanjut mungkin saja dalam sebulan ada memproduksi sel telur atau bisa jadi tidak ada memproduksi sel telur.
Disamping itu,bantuan secara teknis oleh dokter agar wanita bisa hamil juga akan sangat sulit dilakukan jika wanita mengandung diatas usia 35 tahun.
Kalau pun bisa hamil,maka risiko kandungan diatas usia 35 tahun akan rentan mengalami keguguran,cacat janin dan kromoson serta penyakit lainnya akan menyerang ibu dan calon bayi.
Berdasarkan kalkulasi yang pernah dihitung secara komputer,bahwa jika seorang wanita menunda untuk hamil dan baru melakukannya pada usia 35 tahun keatas maka bantuan teknologi reproduksi hanya mampu efektif setengah saja selama 5 tahun.
Dan bagi para wanita yang menunda kehamilan sampai kurun waktu usia 40 tahun maka bantuan teknologi reproduksi hanya efektif membantu pembuahan sampai 30% saja.
Penggunaan alat kontrasepsi seperti Pil dan Suntik KB sebelum memiliki anak hendaknya jangan dulu dilakukan.Karena dengan mengulur waktu kehamilan berarti menghilangkan kesempatan untuk reproduksi.
Kenapa bisa demikian ?
Faktor antibodi antisperma pada wanita bisa memicu kegagalan kehamilan.Kondisi ini terjadi karena pemerosotan potensi sperma dalam membuahi Ovum ( sel telur ) dalam tubuh wanita.
Penyebab meningkatnya antibodi antisperma ini diduga kuat disebabkan penggunaan alat kontrasepsi seperti pil atau suntik KB yang berisi hormon penolak pembuahan dalam jangka waktu tertentu.
Untuk itu,dianjurkan,kalau pun pasangan muda ingin menunda kehamilan,sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi berupa kondom.Sarung pelindung ini,dipandang sebagai kontrasepsi terbaik dan teraman dari sudut imunologis.
Karena kondom akan mencegah terjadinya pembuahan sekaligus mencegah kontak antara antigen suami dengan sistem imun istri,sehingga antibodi pada tubuh istri tidak meningkat.
Namun yang paling aman,pasangan suami istri tidak menunda masa kehamilannya,sebaiknya,satu anak dulu baru KB.(*)

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



0 komentar:

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP