Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Perlukah Anak Dibekali Ponsel ?

Bu,adik juga mau dibelikan handphone dong,teman-teman disekolah pakai hape semua.Malah teman adik hapenya bagus banget bisa buat tligi,yang ada gambarnya kalau telfon..
Adik usianya baru akan genap lima tahun.Gadis kecil ini pun masih belum fasih memgucapkan hurup'R'.Tapi,si kecil sudah kenal dengan telefon seluler.Karena melihat teman-temannya menenteng ponsel kesekolah.Adik akhirnya pun merengek minta dibelikan ponsel seperti teman-temannya.
Rengekan adik membuat hati Bunda bingung,haruskah adik punya ponsel sendiri?
Persoalan Bunda yang satu ini adalah persoalan ya sangat wajar dialami setiap orangtua dimasa sekarang.
Mengingat kehadiran ponsel sekarang ini bukan lagi termasuk barang mewah.
Ponsel sudah merugakan gaya hidup untuk kebutuhan sehari-hari.Fungsinya bukan hanya sekedar alat komunikasi tetapi juga sebuah Prestise.Hampir semua oramg dari strata sosial apapun sekarang menpunyai ponsel.
Alasan orangtua membekali anaknya dengan ponsel biasanya sangat klise,yaitu untuk berkomunikasi dengan anaknya.Terutama bagi orangtua yang keduanya berkerja." Sebaiknya sih, ponsel diberikan ketika anak sudah remaja,namun demikian penting atau tidak membekali anak dengan ponsel sangat tergantung dengan kebutuhan dari masing-masing keluara."
Untuk anak-anak usia Taman Kanak-Kanak atau pun Sekolah Dasar sebaiknya belum dibekali dengan ponsel sendiri.Karena tetap ada pengaruh yang kurang baik dari ponsel ini.Tapi,keberadaan ponsel dirasa penting apabila bentuk komunikasi antara anak dan orangtua semakin berkurang,karena orangtua sibuk bekerja.Sementara anak juga mempunyai jadwal sekolah yang padat.
Dengan berkurangnya intensitas pertemuan orangtua dengan anak,ponsel dapat dimanfaatkan untuk menjembatani proses komunikasi.Orangtua dapat mengecek keberadaan anak dengan ponsel.Meskipun secara fisik tidak bertemu,tetapi orangtua tetap ada untuk anak kapan pun diperlukan.
Setelah menentukan tingkat kepentingan perlu tidaknya anak dibekali dengan ponsel sendiri,Psikolog mengingatkan perlu adanya keseimbangan dalam proses komunikasi." Ketika dirumah,dimana orangtua dan anak telah bertemu,sebaiknya ponsel dimatikan supaya proses komunikasi tidak digantikan dengan ponsel "ujarnya.
Sebelum memutuskan untuk memberikan handphone kepada anak,disarankan untuk melakukan diskusi dengan anak." Jelaskan pada anak yang dibekali ponsel,untuk berkomunikasi dengan orangtua,setelah ketemu dengan orangtua,ya ponsel dimatikan.Jelaskan komitmen penggunaan ponsel."
Dan sebaiknya orangtua juga memberikan contoh dengan tidak menerima telefon di depan anak atau berlama-lama bertelefon.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



0 komentar:

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP