Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Trik Kalahkan Lelah Kala Hamil



Rasa lelah teramat sangat akan dirasa oleh para ibu hamil. Membawa beban lebih dalam tubuh bukan hal yang mudah. Sudah tentu perubahaan hormon serta beban lebih itu akan menjadi suatu hal yang melelahkan. Berikut ini trik-trik untuk mengatasi rasa lelah ibu hamil.


Tidur
Saat rasa lelah menyerang, keinginan untuk berbaring dan beristirahat barangkali adalah hal yang pertama kali terlintas di kepala ibu hamil. Di trimester pertama, saat tubuh sibuk menumbuhkan plasenta bisa jadi hal yang sangat melelahkan. Tidur lebih awal adalah hal yang wajar untuk dilakukan para ibu hamil. Tidur siang juga bisa membantu, tetapi jika aktivitas dan jadwal Anda tidak memampukan Anda untuk tidur cepat, pastikan untuk menambah jam tidur malam lebih banyak, hingga kurang lebih Anda mendapatkan sekitar 9 jam tidur. Sebuah studi terbaru dari American Academy of Sleep Medicine menemukan bahwa ibu hamil yang tidur kurang dari 6 jam (atau lebih dari 10 jam) setiap malam di trimester ketiganya bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Jika Anda sulit tidur akibat buang air terus menerus, cobalah untuk mengambil posisi dengan bertumpu pada telapak tangan dan kedua lutut, seperti ingin merangkak, lalu tunggu beberapa menit, ini akan membantu mengubah posisi si bayi supaya menjauhi kantung kemih Anda dan membuat Anda lebih nyaman.

Tunda tugas di rumah dan berjalan kaki di luar rumah
Mengapa jalan kaki? "Karena berjalan kaki meningkatkan aliran energi yang bisa mendorong energi serta menyebarkan endorfin untuk membuat Anda merasa lebih baik, meski hanya berjalan di sekitar komplek rumah," jelas Virginia R Lupo, MD, spesialis pengobatan ibu hamil di Minneapolis dan pembicara American Congress of Obstetricians and Gynecologists. Karena pusat berat tubuh saat kehamilan terus berubah setiap minggunya, Lupo merekomendasikan untuk mulai berjalan secara perlahan. Anda tak ingin mendorong detak jantung secara mendadak. Anjurannya, perkirakan kecepatan jalan Anda, kira-kira dalam kecepatan yang cukup dan Anda masih bisa bicara. Upayakan jangan membuat diri Anda terengah-engah."

Jangan terlalu merasa bersalah membiarkan pekerjaan di rumah terbengkalai untuk berolahraga. Karena saat berjalan kaki, Anda membantu diri serta si bayi untuk mendapatkan energi. Sebuah studi menemukan hubungan antara pekerjaan rumah dan kelahiran prematur, bukan akibat kelelahan, tetapi akibat kebosanan mengerjakan hal yang sama berulang. Para peneliti berpendapat bahwa mengerjakan tugas yang sama berulang-ulang meningkatkan level hormon stres.

Makan
Anda mungkin tidak akan merasakan kelaparan, Anda mungkin hanya merasa mual. Tetapi Anda butuh zat asupan untuk bayi serta untuk mengusir rasa kantuk. Kadang, saat hamil, para ibu berfokus memikirkan berapa banyak kalori yang harus diasup. Tetapi, untuk mendorong energi, sebaiknya fokuskan diri pada kualitas, bukan kuantitas makanannya. Dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang, makanan berporsi sedikit tetapi sering dalam sehari Anda bisa memastikan tubuh dan si bayi mendapat nutrisi yang diperlukan. Karena jika Anda paksakan hanya makan makanan utama dalam porsi besar, Anda akan merasa kelelahan sesudahnya.

Udara segar
Merasa sesak? Bisa jadi itu dikarenakan energi Anda yang naik-turun. Tak hanya kita lebih cenderung duduk saat ada di dalam ruangan, tetapi kita juga cenderung menghirup udara yang sama dan tidak segar jika terlalu lama di dalam ruangan, dan ini bisa menguras energi dan mengekspos Anda terhadap patogen. Usahakan untuk keluar ruangan sesekali untuk mencari udara segar serta memberi oksigen pada tubuh. Sedikit sinar matahari juga baik, karena bisa bantu meningkatkan vitamin D dalam tubuh.

Dorongan zat besi
Makanan yang kaya zat besi, seperti daging-dagingan bisa bantu dorong energi dan memberi nutrisi penting untuk bayi. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, jangan lupa untuk makan makanan yang kaya vitamin C, seperti jus jeruk peras, tomat, serta sayuran berdaun hijau yang membantu tubuh menyerap zat besi. Hindari makan makanan yang kaya zat besi bersamaan dengan susu, yoghurt, atau keju. Susu bisa menghambat penyerapan zat besi yang diperlukan untuk menambah energi. Kelelahan yang teramat sangat bisa jadi gejala kekurangan zat besi. Pastikan Anda mengkonsultasikan keluhan Anda kepada dokter kandungan Anda.

Protein
Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya protein, karena jika Anda kekurangan protein Anda akan merasa lebih lelah. Makanan rendah lemak dan daging unggas adalah sumber yang bisa melawan kelelahan dengan vitamin B6 dan B12, yang penting untuk mengubah nutrisi makanan menjadi energi.

Percikan kesegaran
Memercikkan air dingin pada wajah bisa membantu menyegarkan diri. Jika Anda tak ingin merusak riasan wajah, percikkan air dingin pada titik-titik nadi, seperti pergelangan tangan dan di belakang leher.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



16 komentar:

Steve 22 Maret 2011 03.15  

Ayo.... ibu ibu yang lagi hamil,
ini lho ada artikel yang sangat bagus buat anda supaya bisa kalahkan rasa lelah di saat hamil!!!

(kalau saya sih, cuma numpang tenar azza, hehe)

Rahasia Kontes SEO 22 Maret 2011 13.21  

Mantab aartikelnya gan....
siap-siap ah, ntar klo pacarku hamil kan ga usah kwahatir lagi :p hehehe... *nice post :-)

Newport Beach Houses
Newport Beach Houses
Komodo Island Is The NEW 7 Wonders Of The World | Komodo Island Is The NEW 7 Wonders Of The World

Newport Beach Houses 23 Maret 2011 10.33  

ini tips untuk para dukun beranak kyknya gan :D

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 25 Maret 2011 09.57  

mantab infonya gan.....
moga sukses buat kehamilannya :D hehehe...

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 25 Maret 2011 09.58  

maksudnya, kehamilan istrinya!
masa kehamilan ente :p hehehe....

Ilmu komputer pemula 28 Maret 2011 12.43  

Trik yang sangat bermanfaat terima kasih, kebetulan nih istriku lagi hamil

allegro 30 Maret 2011 04.10  

thanks for telling about Trik Kalahkan Lelah Kala Hamil. very nice post with a nice picture!

xamthone plus 11 Juni 2011 14.06  

owh jadi gitu ya,,,
ilmu yang sangt bermanfaat nich, lumayan buat bekal nanti klo dah nikah,,,
hheh

kanker payudara 11 Juni 2011 14.07  

Yapz,, memang yang namanya orang hamil tuh pasti bawaannya lelah mulu,,,, dan tentunya harus bisa menjaga janin dengan baik,,,

KALAGONDANG 23 Juli 2011 19.48  

alhamdulillah, thanx gan, ilmunya sangat bermanfaat buat saya, kebetulan istriku saat ini sedang hamil

obat asam urat 24 Agustus 2011 10.56  

wahh pengetahuan yang sangat bermanfaat nich buat bekali nanti.....
thanks ya

xamthone plus 25 Agustus 2011 14.50  

wah info yang sangat bermnfaat nih,,,
boleh dicoba trik'y nanti...
nice info

Obat Liver Empedu 25 Agustus 2011 16.44  

boleh juga nie informasinya....
kebetulan istri saya sedang hamil nie....
makasih atas informasinya y mas

prassetya 20 November 2011 16.35  

Wah makasih banget info nya, kebetulan saya lagi nyari2 info maklum baru jadi suami dan insya Allah mau jadi ayah :)
Sempet pusing juga menghadapi istri saya selalu mengeluh iini itu dan jadi sensitif minta ampun. Tapi alhamdulillah sejak bulan kemaren, ibu mertua saya bawa istri saya ke mom n jo tempat spa Ibu hamil dan bayi, istri saya lebih rileks dan lebih menikmati kehamilannya. Saya sempat menemani istri saya buat pijat dan spa disana, kayaknya dia sgt menikmati waktu2 nya di mom n jo. Dan enaknya lagi sayapun juga bisa ikutan massage disana, 1 ruangan sama istri saya hehehe (gak mau rugi). Buat ibu2 mungkin yang lg cari tempat spa buat ibu dan anak atau sekeluarga, tempat ini well recommended banget

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP