Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Gemar Berbohong Bikin Darah Tinggi



Apakah bedanya berbohong dan tidak memberitahukan? Berbohong, mungkin, artinya Anda mengatakan sesuatu yang tidak seperti kenyataannya. Tidak memberitahukan, artinya Anda menyimpan sendiri informasi yang mungkin menyangkut sesuatu yang buruk mengenai orang lain.


Apapun bedanya, kedua hal ini memberikan pengaruh yang sama pada orang yang menerima informasi. Dari sisi orang yang berbohong, ia mungkin akan merasa bersalah, karena tidak memberitahukan seorang teman bahwa suaminya berselingkuh, misalnya. Untuk orang yang tidak bersedia berbohong, rasa tidak nyaman itu mungkin lebih besar daripada perasaan diduakan pasangan.

Tak salah jika Anda merasakan hal ini. Bagi seorang pemula, berbohong akan melepaskan hormon stres. "Peningkatan hormon stres ini bisa menyebabkan detak jantung dan pernafasan meningkat, pencernaan melambat, otot dan serat-serat saraf menjadi hipersensitif," ungkap Saundra Dalton-Smith, MD, penulis Set Free to Live Free: Breaking Through the 7 Lies Women Tell Themselves.

Gejala fisik ini mungkin tidak separah yang dibayangkan, namun bila terus terjadi, hal ini bisa menimbulkan kondisi seperti penyakit arteri koroner, stroke, dan gagal jantung kongestif. Sebab, pada saat berbohong tekanan darah naik ke jantung, dan bisa mengancam hidup Anda dalam jangka panjang. Itu pula sebabnya lie detector sangat akurat untuk uji kebohongan, karena alat ini mengukur lompatan dalam tekanan darah.

Masih diragukan sebenarnya, bahwa satu contoh kebohongan bisa menyebabkan Anda stroke. Namun ada bukti-bukti bahwa semakin sering Anda berbohong, semakin mudah Anda berbohong dalam kesempatan lain. Hal ini sesuai dengan artikel yang diterbitkan di jurnal Consciousness and Cognition edisi November 2010 oleh fakultas psikologi Ghent University di Belgia, “Sering menyampaikan kebenaran membuat berbohong makin sulit, dan sering berbohong membuat berbohong makin mudah."

Mereka yang sehari-hari suka berbohong, atau menyimpan rahasia besar selama bertahun-tahun, mungkin merasa mudah melakukannya dari waktu ke waktu. Namun mereka juga lebih berisiko mengalami kondisi kesehatan yang buruk daripada yang lain. Pembohong yang kronis akan meningkatkan komplikasi dari tekanan darah tinggi, dan penyakit lain yang dikaitkan dengan stres yang kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Mungkin Anda menyembunyikan sesuatu dari keluarga atau teman Anda karena tak ingin mereka terluka. Namun Anda bisa menyakiti hati orang tersebut bila rahasia itu terungkap dan ia tak mampu menerimanya. Jangan lupa, seperti yang sering dikatakan orang, kita cenderung akan berbohong untuk menutupi kebohongan yang lain. Sudah berdosa, penyakit pun menumpuk di tubuh kita. Maka, bersikap jujur adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan badan dan pikiran Anda sendiri.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



19 komentar:

Dhana/戴安娜 27 Januari 2011 21.45  

salam sahabat
baru tahu mas saya kalau bohong bikin sakit jantung,terima kasih ya

Steve 28 Januari 2011 17.16  

wah betul tuh ternyata...
bohong itu bikin deg degan, stress dan sudah pasti jantungan... baru ngeh nih saya, hehe

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia 30 Januari 2011 09.31  

ga lagi-lagi ah berbohong...
takut jadi darah tinggi :p

Artikel Komputer 9 Februari 2011 22.18  

Wow...ternyata ada efek samping berbohong bikin penyakit darah tinggi

phone 10 Februari 2011 20.53  

BAGUS JUGA TU POSTING NYA..........

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 11 Februari 2011 07.20  

biasanya emang yg sehat itu adalah orang yg selalu jujur gan... :D

Yhantee 22 Februari 2011 23.13  

wah dapat ilmu baru neh...makasih atas infonya kunjungan pertama salam kenal.. ^_^ singgah juga dirumah maya ku ya Mas...

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 1 Maret 2011 12.18  

blognya q dicuexin mulu nich!
kapan mo update lagi gan?...

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 7 Maret 2011 10.19  

info bagus nich.... buat yang mengindap darah rendah kyknya harus lebih banyak berbohong biar tensi daranya bertambah :D hehehe...

Nikmaya John 4 April 2011 15.40  

Jujur is the best. Hidup terasa nyaman,,,

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 9 April 2011 09.29  

wah betul tuh ternyata...
bohong itu bikin deg degan, stress dan sudah pasti jantungan... baru ngeh nih saya, hehe

Flowers To Ukraine 5 Mei 2011 17.45  

Fast gift delivery to Ukraine from local retailers. Photos and video of actual delivery! Flowers, gift baskets, designer perfumes, toys, cosmetics and more!

obat tradisional asam urat 2 Agustus 2011 18.22  

nice post gan,,
saya juga suka berbhong nih,,,

jadi takut darah tinggi,,,
kwkwkwkwwkw

obat tradisional kolesterol 2 Agustus 2011 18.23  

smoga kita mnjdi ssorang yg jujur,,,

amin,,,,

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP