Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Ikutilah Kelas Kehamilan

Kehamilan merupakan masa yg paling dinantikan bagi kaum hawa.Namun,kadang proses kelahiran tidak berjalan seperti yang di harapkan.Minimnya pengetahuan disebut-sebut sebagai kendala utamanya.
Karena itu,calon ibu sebaiknya banyak menambah pengetahuan sebagai persiapan menuju persalinan.
Keterbatasan informasi mengenali tanda,risiko,serta perawatan sering membuat seorang wanita tidak bisa melewati masa kehamilan sesuai waktunya.

Bagi wanita yg baru mengandung pertama kali,perasaan was-was,cemas dan takut yg berlebihan sering menyiksa.Parahnya,mereka tidak mengetahui apa yg harus dilakukan untuk mengatasi keluhan yang dirasakan.Seperti yang di kemukakan ahli Kandungan Dan Kebidanan, calon ibu dianjurkan untuk mengikuti kelas kehamilan,untuk memberikan pemahaman mengenai kehamilan dan persalinan.Sebab diakui,masih banyak ibu-ibu yang belum mengetahui apa saja tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Kelas kehamilan, diajarkan beberapa materi,seperti tanda dan risiko kehamilan,senam hamil,perawatan payudara,latihan pernapasan.Serta ada kelas perawatan sesudah melahirkan,seperti pijat bayi,perawatan bayi,atau senam nifas.Layaknya sebuah kelas,para calon ibu masuk ke sebuah ruangan untuk mendapatkan materi-materi yang diajarkan.

Para calon ibu tidak hanya mendapatkan materi,juga di wajibkan melatih sendiri di rumah.Membandikan sedikit dengan kelas kehamilan diluar negeri,para calon ibu akan di bawa untuk mengenali ruangan bersalin.Hal itu untuk mengantisipasi bila kehamilan bermasalah sehingga calon ibu bisa mengambil tindakan yang tepat.

Sebagai contoh,risiko keguguran yang dihadapi pada setiap proses kehamilan.Keluarnya Janin dibawah umur 20 minggu ini bisa disebabkan beragam penyebab.
Disinilah pentingnya untuk mengenali penyebab keguguran karena bisa mengindikasi masalah kesuburan (fertilitas) pasien.
Disamping menjawab kesimpangsiuran informasi yg ada,kelas kehamilan juga di maksudkan sebagai jembatan komunikasi antara pasien dan dokter.

Misalnya dokter mempunyai pasien yang banyak sehingga intensitas konsultasi berkurang.Disinilah forum yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter.
Pasien bebas bertanya mengenai masalah yang di hadapi.Lantas kapan sebaiknya mulai melakukan kelas kehamilan ?

Sangat dianjurkan untuk mengikuti sedari awal usia kandungan secara rutin.Sebab,masing-masing trimester baik I,II dan III mempunyai masalah serta penanganan sendiri-sendiri.Ibu harus memperhatikan setiap perkembangan janin.Bila terjadi masalah pun bisa di kenali dan mencari penanganan yang cepat dan tepat.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



1 komentar:

Farha IbuCergas 18 Juli 2014 16.28  

Memang ibu-ibu harus pergi kelas kehamilan. sekurang-kurangnya dapat tahu info dan persediaan bersalin. Lebih-lebih lagi ibu baru anak pertama.

Artikel terkini...Harga Set Bersalin Shaklee

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP