Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Fakta dan Mitos Tentang Gigi Berlubang

Mari periksa fakta dan mitos di bawah ini, untuk mengetahui bagaimana gigi berlubang bisa terjadi, cara mengatasi dan mencegahnya. Agar kita bisa membedakan fakta dengan mitos dengan benar, Kimberly A. Harms, DDS, mantan presiden dari Minnesota Dental Association, akan langsung memandu kita.

# Gula adalah faktor penyebab gigi berlubang paling utama.
Fakta : Dalam kenyataannya, asam diproduksi oleh bakteri di dalam mulut dan menyebabkan gigi berlubang, ujar Harms. Lalu, apa yang sebenarnya bakteri lakukan di dalam mulut kita? Mengonsumsi karbohidrat, dan gula termasuk di dalamnya. Nasi, kentang, roti, buah, dan sayuran juga merupakan karbohidrat. Ketika kita mengonsumsi apapun yang mengandung karbohidrat, maka bakteri di dalam mulut kita akan aktif dan memproduksi asam serta merusak gigi kita.

Kemudian bakteri akan memiliki satu tempat kecil yang nyaman untuk hidup dan memproduksi asam, dan biasa tempatnya sulit dijangkau oleh sikat gigi dan benang floss. Jika dibiarkan bakteri akan melanjutkan metabolisme karbohidrat serta memproduksi asam. Dan akhirnya, gigi berlubang kita menjadi semakin membesar hingga kemudian menjadi sangat menyakitkan.

Mitos : Sebenarnya yang menjadi penyebab gigi berlubang, bukanlah jumlah karbohidrat yang kita makan,melainkan lama waktu gigi kita terpapar oleh karbohidrat tersebut. Jadi, jangan biarkan hari kita diisi dengan makan dan minum makanan mengandung gula secara terus menerus.

# Paparan makanan asam dapat menyebabkan kerusakan gigi.
Fakta: Asupan makan asam, seperti lemon, jus sitrus, atau minuman ringan tidak menyebabkan gigi berlubang, namun menempatkan email gigi kita dalam bahaya. Asam akan memicu terjadinya erosi pada email gigi yang bertugas sebagi lapisan pelindung gigi. Ketika kita kehilangan perlindungan dari email gigi dan terpapar hingga pusat dentin, maka gigi menjadi lebih rentan rusak.

# Kita akan tahu kalau gigi kita sedang berlubang.
Mitos : Gigi berlubang ringan tidak memberikan gejala apa-apa. Rasa sakit yang kita alami saat sakit gigi datang sebenarnya mengindikasikan kerusakan sudah masuk tahap parah dan menyebabkan kerusakan pada saraf.

Membiarkan gigi berlubang tidak terobati terus menerus, hanya akan memperburuk rasa nyeri dan semakin mahal biaya yang harus kita keluarkan untuk memperbaikinya. Cara yang paling mudah untuk mencegah hal ini, adalah dengan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin 6 bulan sekali. Perlu ditekankan, sekali gigi mulai berlubang, maka gigi tidak bisa memperbaikinya sendiri. Malah akan terus berkembang dan memperburuk. Jadi, lebih cepat lebih baik.

# Tidak perlu khawatir masalah gigi berlubang pada gigi susu.
Mitos : Gigi susu akan menyediakan ruang untuk tumbuhnya gigi permanen. Jika masalah gigi berlubang pada gigi susu kita biarkan, maka kondisi ini akan terus berkembang ke masalah yang serius hingga infeksi. Dan infeksi bisa menyebar ke daerah tubuh yang lain dan bisa menjadi pemicu terjadi berbagai penyakit serius seperti jantung. Oleh karena itu, jagalah kesehatan dan kebersihan gigi sejak sedini mungkin.

# Menggosok gigi merupakan cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang.
Fakta : Pencegahan adalah kunci utamanya. Kita pelu membersihkan bakteri dari gigi dengan menyikat gigi secara rutin dua kali sehari (sesudah sarapan dan sebelum tidur) dengan menggunakan pasta gigi mengandung fluoride. Dengan membuat gigi kita selalu dalam kondisi bersih setiap hari, maka masalah gigi berlubang pun bisa diatasi.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



14 komentar:

obat tradisional kanker serviks 11 Juni 2011 10.32  

Wahh pas banget buat saya,saya suka yang manis-manis makanya gigi pada berlubang nich,,,,

xamthone plus 11 Juni 2011 10.33  

Tapi sekarang dah banyak pasta gigi yang bisa mengatasi gigi berlubang,,,

kanker hati 11 Juni 2011 10.34  

yapz,, dokter gigi pun dah banyak sekarang, tapi alangkah baiknya kita mencegah daripada mengobati,,,
betul,,,??

xamthoneplus.biz 11 Juni 2011 11.24  

mungkin kalau untuk mitos ini agak percya sih,,
mksih buat info nya..

sangat bermnfaat banget gan,,

xamthone plus 12 Juni 2011 09.18  

emz gigi berlubang jg dapat di atasi dengan mncegah hal" yg dapat mnyebabkan gigi berlubang misal'y rjin menggosok gigi,menghindari mkanan cokelat spy tdk berlebihan, bner gx sob?...he

jelly gamat 14 Juni 2011 09.39  

haduhh kebetulan nich gigi saya ada yang berlubang mana agak sensitive lagi...

Obat Alami Asam Urat 17 Juni 2011 09.06  

untuk menghindari gigi berlubang biasakan gosok gigi sebelum tidur

obat alami jerawat 18 Juni 2011 10.34  

ga mau lagi deh ngalamin gigi berlubang..
kesiksa bgt !!

xamthone plus 21 Juni 2011 10.32  

emz manx ada ya mitos'y gigi berlubang?
mka'y biasakan bwt gosok gigi yg teratur,,byar gigi'y sehat dan gx berlubang.

obat tradisional hepatitis c 23 Juli 2011 10.15  

makasih ya buat infonya...
harus rajin gosok gigi biar gigi gk berlubang

obat penyakit jantung 10 Agustus 2011 11.07  

untuk penyembuhan gigi berlubang mitos berkata mskin ajj busa yang ada pada ujung roko pasti gx kan sakit coz'y busa tesebut mengandung nikotin,, hehehe..
udah lah lebih baik mencegah daripada mengobati,,,

SOLUSI MENGATASI NYERI HAID 22 Agustus 2011 16.12  

ya dulu aku pernah ngalim tersiksa sekali.

pencegahan setroke 12 September 2011 11.44  

ya asal kita rajin sikat gigi sehabis makan pasti akan terhindar gigi berlubang.

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP