Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Patah Hati Bisa Sangat Mematikan



Jangan pernah menyepelekan patah hati karena dampaknya ternyata bisa sangat berbahaya bahkan mengancam nyawa.

Dalam istilah medis dikenal sejenis kondisi yang disebut "broken heart syndrome". Sindrom ini tak bisa dianggap enteng karena dapat memicu produksi hormon stres seperti adrenalin sehingga melemahkan sebagian fungsi otot jantung untuk sementara bahkan mengalami kerusakan (cardiomyopathy).

Dokter spesialis jantung Dr Zulkeflee Muhammad dari National Heart Institute Malaysia mengatakan, dari 3.400 kasus serangan jantung diperkirakan sekitar tiga persen di antaranya disebabkan "broken heart syndrome".

Gejala sindrom ini menyerupai serangan jantung dan cenderung terjadi setelah seseorang mengalami pukulan akibat peristiwa yang melibatkan fisik atau momen yang sangat emosional.

Kondisi ini dalam istilah medis juga disebut Takotsubo cardiomyopathy. Pertama kali dideteksi oleh para peneliti Jepang pada awal 1990-an, sindrom ini sampai sekarang masih menjadi sebuah misteri bagi kebanyakan kalangan medis.

"Walau begitu, sindrom ini bisa pulih tanpa menimbulkan cedera pada otot jantung," ungkap Dr Zulkeflee.

Ia menambahkan, terkadang sulit untuk menentukan apakah seorang pasien mengalami serangan jantung atau stress cardiomyopathy sebab gejalanya bisa serupa.

"Tetapi pada stress cardiomyopathy, angiogram menunjukkan tidak adanya penyumbatan pada arteri dan scan (magnetic resonance imaging/MRI) akan menunjukkan tidak adanya kerusakan permanen," ujarnya.

"Kondisi ini berbahaya dan bisa menjadi fatal, tetapi dapat dipulihkan. Mereka yang dirujuk ke rumah sakit biasanya dirawat selama sepekan. Dalam empat minggu, mereka benar-benar akan benar-benar pulih dan kembali menjalani kehidupan normal," ujarnya.

Kondisi ini jarang menjadi fatal selama pasien mendapatkan perawatan medis, bantuan pernafasan dan alat bantu kritis lainnya dalam 48 jam pertama.

Lalu apa saja peristiwa yang dapat membuat seseorang mengalami broken heart syndrome?

"Stres emosional yang akut seperti mengalami kejadian tabrakan hebat, kehilangan orang tercinta, kehilangan pekerjaan, mengalami perceraian, memiliki atasan yang buruk, menjadi korban bencana alam hebat seperti tsunami atau gempa, merupakan faktor pemicu pada orang dewasa. Bahkan, pesta kejutan ulang tahun pun bisa menyebabkan broken heart syndrome," kata Dr Zulkeflee.

Ia menambahkan, tingkat hormon stres pada seseorang yang mengalami broken heart syndrome tercatat 34 kali lebih tingggi dibandingkan pasien yang mengalami serangan jantung.

Sejumlah gejala umum yang dikenali saat seseorang mengalami serangan jantung di antaranya adalah nafas yang tersengal-sengal, sakit dan rasa tidak nyaman pada dada.

"Kasus ini terjadi manakala otak menginstruksikan jantung untuk berhenti. Pada mereka yang mengalami stress cardiomyopathy, selang 48 jam pertama adalah masa kritis karena kemungkinan buruk bisa terjadi," tambah Dr Zulkeflee.

Ia menyatakan, kasus stress cardiomyopathy jarang terjadi di negara-negara Barat karena di sana tersedia sistem dukungan yang baik bagi mereka yang mendapat musibah kehilangan orang tercinta atau korban kecelakaan.

"Di negara-negara Timur, ketika seorang perempuan kehilangan suaminya atau ketika seseorang kehilangan orang tercinta, mereka harus berjuang mengatasi situasi itu sendirian. Ini dapat memicu pelepasan hormon stres yang sangat besar dalam tubuh dan menyebabkan timbulnya stress cardiomyopathy," ujarnya.

Dr Zulkeflee juga menyarankan, bagi mereka yang merasakan sakit pada daerah dada atau merasakan tidak nyaman untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

"Semakin dini anda berkonsultasi, semakin baik buat Anda. Namun harus diketahui bahwa stres yang dialami dari hari ke hari tidak menyebabkan broken heart syndrome. Penyebabnya adalah stres emosional dan fisik yang akut," terangnya.

Menurut penjelasan Mayoclinic.com, kondisi ini disebut Takotsubo cardiomyopathy karena ada kaitannya dengan cerek atau pot yang dipakai seorang nelayan Jepang untuk menangkap gurita. Ketika para dokter mengambil gambar foto sinar X dari pasien yang mengalami broken heart syndrome, bagian jantungnya menyerupai pot yang digunakan nelayan Jepang tersebut. Penyakit ini mengacu pada stres cardiomyopathy, stres yang memicu cardiomyopathy atau apical ballooning syndrome (ABS).

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



17 komentar:

Fir'aun NgebLoG 29 Oktober 2010 03.58  

orang yang sedang patah hati biasanya cenderung untuk berbuat yang tidak lazim...

hati-hati dech ma patah hati =((

hiudiary 29 Oktober 2010 11.51  

Wah wah wah...
Berarti orang yang cemburuan itu bisa cepet mati ya gan??

Apalagi kalau play boy tapi gak tahan banting.. tinggal hitung aja tuh tanggal mainnya. Gawat tuh..

OKey sob.. thanks infonya..

JANGAN PERNAH PATAH HATI

Ya sekali sekali boleh lah tapi jangan rutin rutin pokoknya..

Heheheh....:X

satyo 29 Oktober 2010 18.57  

klo punya pikiran positif pasti ga bakal patah hati.... selalu terbuka dan waspada dengan masalah hati... karna segumpal darah ni sangat mempengaguhi sgalanya.. hehhheeee...

MUXLIMO 2 November 2010 21.03  

semua "patah hati" berawal dari ngegantungin harapan sama manusia. yang namanya manusia itu juga gampang berubah hatinya: dari cinta, lalu benci, dari suka, lalu bosan... cara suapaya gak pernah patah hati, ya..berharap hanya sama Tuhan yang gak pernah kecewain... tapi emang, mindahain kiblat hati dari orang ke Tuhan itu..GAK GAMPANG...tapi..BISA DIUSAHAKAN. insyaAllah..

wajar juga kalo mesin MRI gak bisa deteksi, soale patah hati bukan di jasad, tapi di batin..ya?! ;))

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 9 April 2011 09.34  

klo punya pikiran positif pasti ga bakal patah hati.... selalu terbuka dan waspada dengan masalah hati... karna segumpal darah ni sangat mempengaguhi sgalanya.. hehhheeee...

obat diabetes militus 20 Mei 2011 11.08  

ya biasa'y org yg ptah hati cnderung bz mlakukan hal yg tdak d inginkan.
emz spya tdk trjadi hal2 yg sprti itu qta hrs mndkatkn diri k hal yg lbih positif,bnr khnt?

obat alami glukoma 10 Juni 2011 12.15  

Nah makanya jangan sering patah hati loh,,,
palagi buat yang baru pubertas, jangan terlalu menganggap keseriusan dalam masalah percintaan,,

xamthone plus 10 Juni 2011 12.16  

sipp,,, artikel yang sangat menarik nich,sangat bermanfaat..!!!

jelly gamat 10 Juni 2011 12.27  

Biasanya saya sering denger patah hati pada anak-anak SMA,,,,
Kaya yang sepele gituh dech menanggapinya...

obat kanker payudara 2 Juli 2011 11.25  

ypz bner bgt tu mas,,
terkdang org klw ge patah hati biasanya ska gx kontrol pkiran'y jg

obat tradisional asam urat 23 Juli 2011 10.13  

mmmzz.
kalau kita gk mau patah hati,kita juga gk boleh bkin orang lain patah hati,
hehhehehe

Agen Xamthone plus Batam 10 Agustus 2011 15.14  

orang yang sedang patah hati biasanya cenderung untuk berbuat yang tidak lazim...

hati-hati dech ma patah hati..

PENGOBATAN LIVER EMPEDU 19 Agustus 2011 16.32  

orang yang gamapang patah hati berarti,orang lemah sori sobat bukanya menghina

obat penyakit kelenjar getah bening 23 Agustus 2011 12.52  

buat apa patah hati ga ada gunanya,dunia tidak selebar daun kelor.

agen xamthone plus manado 29 Agustus 2011 17.14  

wihh ternyata patah hati bukan hal yng spele juga y...
makasih tas informasinya

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP