Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Pemakai Pil KB Lebih Panjang Umur

Perempuan yang mengonsumsi pil kontrasepsi sejak awal tahun 1960-an ditengarai lebih panjang umur dibanding rekannya yang tidak meminum pil. Hal ini disebabkan pengguna pil KB lebih rendah risikonya terkena kanker pencernaan dan penyakit lain.

Kesimpulan tersebut dibuat berdasarkan hasil penelitian sejumlah ahli dari Inggris terhadap 46.000 perempuan selama empat dekade, yakni sejak tahun 1968. Para peneliti membandingkan angka kematian pada perempuan yang meminum pil KB dan yang tidak.

Angka kematian pada perempuan usia 30-an memang lebih rendah, namun di usia 50, angkanya jadi berbalik. Meski begitu, dokter tidak bisa memastikan mengapa pil KB menurunkan angka kematian.

Pil kontrasepsi mengandung hormon sintetis untuk menekan terjadinya ovulasi. Selain mencegah terjadinya kehamilan, hal ini diduga juga mencegah beberapa jenis penyakit. Ini sebabnya, sebagian besar wanita yang mengonsumsi pil KB pada umumnya lebih sehat.

Sebelumnya beberapa literatur menyebutkan pil KB akan melindungi perempuan dari kanker ovarium dan endometrial. Di sisi lain, risiko terkena kanker payudara dan kanker serviks meningkat.

Karena fokus penelitian ini hanya membandingkan dampak kesehatan pada perempuan yang minum pil KB dan yang tidak, para peneliti tidak bisa membuat hipotesa tentang sebab akibat.

"Pada pemakaian jangka panjang, manfaat kesehatan dari penggunaan pil KB akan melebihi efek sampingnya," kata Richard Anderson, ginekolog dari University of Edinburgh, Inggris.

Akan tetapi, Anderson berpendapat hasil penelitian ini belum tentu sama pada pemakai pil KB generasi modern karena perbedaan formulasi dengan produk generasi awal. Manfaat yang bisa didapatkan dari pil KB juga tergantung pada kapan seseorang mulai mengonsumsi pil dan berapa lama periodenya.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



24 komentar:

Bayu Lebond 16 Maret 2010 16.58  

wah beneran neh bung...soalnya gw ama mbuk gak pake KB-KBan sih..gw pake KB turet "keroso metu digeret"

place for buy and sell link 30 Maret 2010 00.01  

kalau masalah umur hanya tuhan yang tahu

tempat berbagi pengalaman 29 April 2010 23.23  

btul tuh sob,kalau umur dah dtangan tuhan namun kita hanya berdoa dan berusaha aje

Michael Harvey 12 Mei 2010 13.58  

Umur memang di tangan Tuhan, tapi kita harus tetap ikhtiar menjaga kesehatan kita gitu lhoh.

berbagai informasi menarik 5 Juli 2010 17.40  

tapi klo terlalu sering mengkonsumsi pil kb apakah akan menganggu kesuburan ?
thanks

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia 24 November 2010 03.18  

Apakah khasiat tiap merk pil KB bisa dipertanggung jawabkan keamanannya?

My Bright Teeth Whitening 24 November 2010 03.30  

I can see that you are putting a lots of efforts into your blog. Keep posting the good work.Some really helpful information in there. Bookmarked. Nice to see your site. Thanks!

Best HDTV Antenna 24 November 2010 03.31  

Couldn?t be written any better. Reading this post reminds me of my old room mate! He always kept talking about this. I will forward this article to him. Pretty sure he will have a good read. Thanks for sharing!

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World 9 April 2011 09.39  

ulasan yang mantab sekali, dan sangat bermanfaat untuk para pembaca,
met sukses dengan blognya gan :-)

obat diabetes militus 20 Mei 2011 10.11  

wah yang bnar tu mas,baru tu slain pil kb mncgah bwt gx pnya anx

xamthone plus 16 Juni 2011 08.49  

emz bgto ya sob,,
memang pha faktor utama penyebab hal tersebut?
memang ce krg banyak orang yg menggunakan KB utk menunda angka kelahiran anak,,

obat alternatif kolesterol 23 Juni 2011 14.37  

wah yg bner mas, q baru tahu nih ternyta pil kb jg bsa lebih pnjng umur selaim mncegah punya anak ...

agen xamthone plus surabaya 23 Agustus 2011 13.33  

hmmmm ternyata pil KB multikhasiat juga ya klo gitu ,hehehe,,, thanks ya atas infonya,,,,

obat herbal kanker 24 Agustus 2011 10.53  

makasih bnyak yaa infonya mas.

Obat TBC Alami 25 Agustus 2011 15.09  

klo masalah umur sihh hanya Allah yang tahu :)

Obat Alami Kanker Darah 25 Agustus 2011 17.20  

apa jika terlalu sering menggunakan pil KB ada resiko'y mas??

agen xamthone plus medan 27 Agustus 2011 10.14  

masa umur manusia ada d pil KB,, hahahaha
sejak dalam kandungan umur manusia dah d tentuin oleh Alloh

obat herbal luka diabetes 27 Agustus 2011 12.15  

wihh saya belum menikah nie,, pngen panjang umur masqa mesti konsumsi pil KB,, hahahaha

agen xamthone plus bontang 1 September 2011 09.36  

ternyata pil KB juga banyak manfaat'y y....

Agen Xamthone Plus Palangkaraya 5 September 2011 16.33  

ternyata pil KB banyak manfaatnya juga y...

obat penyakit asma 6 September 2011 14.45  

saya baru tau kalo pil KB bisa buat panjang umur...
mkasih y atas informasinya

obat penyakit jantung 6 September 2011 21.26  

wihh baru x nie sya dengr msalah ginian nie... hehe

jelly gamat 19 September 2011 12.36  

wihh ternyata pil KB memiliki banyak manfaat juga nie

obat alami kanker hati 27 September 2011 14.39  

boleh juga nie mas di coba,, mudah2an bnr2 panjang umur,, hehe

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP