Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Jangan Terlambat Mengenali Bakat Anak

YA,sudahlah nggak usah terlalu berlebihan..biarkan saja dulu kalau si kecil masih senang bermain-main sesuka hatinya.Nanti saja kalau sudah besar,baru mulai diarahkan seperti keinginannya..Masih kecil kok.!
MUNGKIN begitu pandangan sebagian orang tua saat anak-anaknya masih pada usia balita.Membiarkan anak melakukan aktivitas yang disukai tanpa mengenali bakat anak.Sebenarnya,menurut Psikolog Biro Konsultasi Rahmawaty Psi,bakat anak sebenarnya telah mulai dapat dikenali sejak anak berada pada usia todler atau usia 3-6 tahun."Pada anak usia tersebut,anak-anak sudah mulai berinteraksi dengan orang lain diluar keluarganya.Pengenalan terhadap konsep diri juga sudah mulai terbentuk.Selain itu,tahapan pembentukan kognisi anak juga dimulai.Nah,pada usia inilah anak mulai melakukan banyak aktivitas fisik.

Pengenalan bakat dan minat anak sangat baik untuk dimulai pada usia ini karena usia 3-6 tahun inilah disebut CRITICAL AGE atau pun GOLDEN AGE. "Aktivitas fisik anak memang sangat banyak karena dalam perkembangannya,pembentukan motorik kasar anak mulai tumbuh.Dari sinilah kemudian terbentuk kreativitas anak.Dengan pola pengasuhan keluarga yang tepat maka kreativitas anak akan semakin terbentuk.
Selain kreativitas,anak juga menjadi lebih inisiatif dengan mulai banyak bertanya untuk memuaskan rasa ingin tahunya.Disinilah peran orang tua sangat besar untuk lebih jeli mengenali kemana bakat dan minat buah hatinya. "Anak memang masih coba-coba terhadap apa yang disenangi.Sebagai orang tua,sebaiknya memberikan sarana dan media sesuai dengan kemampuan orang tua supaya anak mengembangkan bakatnya "

Anak harus diberikan sarana dan media untuk mengembangkan bakatnya. " Jika perlu tanyakan kepada anak,tentunya dengan bahasa anak,apa keinginannya,misalnya,suka menggambar,ya belikan saja buku gambar yang ada ceritanya.Supaya anak juga mengembangkan imajinasinya dengan konsep verbal berbahasa.
Orang tua harus dapat memberikan media yang tepat kepada anak."Manusia memiliki Multiple Intelegensia.Ada sekitar 12 jenis kecerdasan.Mulai dari bahasa,seni,interpersonal,intrapersonalg.Matetatika dll.Dari 12 jenis kecerdasan ini ada yang mendominasi dan ada yang penunjang.Mungkinkah masing-masing kecerdasan itu tidak dominan ? "Mungkin saja,dan sebuah peringatan bagi orang tua apa bila hingga anak berusia 6 tahun,orang tua masih belum dapat mengenali bakat dan minat anaknya.

Setelah anak berusia 6 tahun akan lebih sulit lagi karena pengaruh lingkungan semakin besar.Anak akan mengikuti role model dari lingkungannya.Hal ini yang kemudian membuat anak tumbuh menjadi remaja yang suka ikut-ikutan.Karena konsep dirinya masih belum tahu minatnya.Sebaiknya agar orang tua memberikan sarana dan media kepada anak untuk mengembangkan bakatnya.Tentunya sesuai dengan kemampuan masing-masing.Anak mungkin masih memcoba-coba semuanya,berikan saja sesuai minatnya.Yang penting jangan terlalu memaksa si anak.(*)

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



0 komentar:

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP