Andalas Van Java Online

Tentang Saya

Foto saya
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

Kenali Jenis Virus Di Ponsel Anda

Berikut ini beberapa Virus yang sering kali menyerang ponsel yang berplatform.

Losco.A Virus
Virus ini biasanya bercabang dan menyerang file berbasis *.SIS atau Symbian ketika pengguna melakukan instalasi.Virus ini juga dapat menyerang Aplikasi yang terinstal pada handset tersebut sehingga aplikasi tak dapat digunakan lagi.Selain itu,virus ini juga dapat mengacak-acak sistem atau data pada smartphon tersebut.Ciri ciri lain dari virus tersebut adalah,pengguna tak dapat membuka atau menjalankan menu atau aplikasi lain yang terinstal pada handset tersebut.

Malware
Atau biasa dikenal dengan Worm,biasanya menyerang melalui koneksivitas tranfer data,yaitu Bluetooth.Begitu melakukan transfer datat melalui bluetooth,virus ini dapat langsung menggandakan diri sehingga data yang tersimpan pada ponsel tersebut akan Corrupted atau tak dapat digunakan lagi.Jenis virus ini semakin banyak varian atau evolusinya.Kabarnya virus ini cukup berbahaya jika menyerang sebuah ponsel.

Trojan
Kabar terakhir tahun 2007 virus ini masih sanggup menyerang sistem sebuah ponsel dan Pocket Pc.Virus ini biasanya membuat sistem ponsel menjadi tidak stabil,sehingga handset terkadang sering Hang Freeze atau melakukan Reboot tanpa sebab.

Cabir
Adalah virus ponsel yang menyebar melalui MMS,dan Bluetooth.Cabir sebenarnya tidak membahayakan ponsel secara langsung,namun yang harus diwaspadai adalah virus ini akan selalu mencoba mendeteksi perangkat lain untuk menggandakan dirinya dan menyebar melalui Bluetooth.Hebatnya lagi,ia juga mampu menurunkan ketahanan kapasitas baterai,sehingga tanpa disadari baterai akan cepat habis.

CommWarrior
Adalah virus kedua dengan metode penyebaran seperti Cabir,melalu Bluetooth.Hanya saja ia mampu menghapus seluruh data,menguras puls anda dengan cara mengirim Sms atau MMS dengan sendirinya tanpa konfirmasi pada pengguna.Terkadang virus ini juga mampu mengubah tampilan operator logo dengan gambar Comm Warrior sekaligus menginfeksi ke seluruh aplikasi atau data pada ponsel dengan perlahan namun pasti.

Skulls.CB-Mabtal.A
Merupakan pemain lama serta varian terbaru maupun evolusi dari virus Skull.Virus ini bisa saja tak sengaja di instal oleh pengguna.Begitu terinstal Skulls akan mengubah semua Icon yang ada pada ponsel Symbian dengan gambar tengkorak dan dua tulang bersilang.Selain itu semua fitur ponsel seperti buku telefon,sms dan media player menjadi mati dan tak dapat digunakan meskipun kita mencoba masuk pada menu tersebut.

CardTrap
Menyebar dengan cara hampir sama dengan Skulls.CardTrap mampu mengganti aplikasi ponsel.Contohnya saja mengganti data buku telefon dengan salinan Corrupted.Namun virus ini tak lama bertahan jika pengguna melakukan Reboot ponsel.Yang mengkhawatirkan,virus ini akan meninggallan installer bagi Skulls,Commwarrior,dan Cabir dalam perangkat yang terinfeksi.Ketika kartu memori terhubung dengan komputer,maka terinfeksilah komputer tersebut,sehingga tidak menutup kemungkinan membuat kartu memori menjadi carrier dari virus tersebut.

Doomed
Virus ini menonaktifkan beberapa aplikasi dan membuat ponsel melakukan restart sendiri.Namun terkadang virus ini juga membuat ponsel yang memiliki Bluetooth melakukan restart secara otomatis tanpa konfirmasi ketika berdekatan.

Phone Book Stealer
Jenis tipe virus ini sangat menarik.Dia mampu mengambil data pada phonebook untuk dicopy lalu paste di file txt untuk dikirimkan melalui Bluetooth tanpa konfirmasi ke penggunanya.Sejauh ini virus symbian pertama yang dapat mencuri data ditemukan menginfeksi di beberapa ponsel symbian melalui sebuah aplikasi PbExplorer.sis.

BlankFont.A.
Merupakan sebuah file*sis yang corrupted namun tetap dapat di instal pada sebuah ponsel berbasis Symbiam.Sejatinya,file ini merupakan sebuah aplikasi sybian,namun aplikasi ini telah dimasuki virus yang merupakan varian dari Trojan.Virus ini menginfeksi handset dengan tampilan Icon atau Font tanpa bentuk,alias blank.Virus ini terus memaksa sistem handset untuk melakukan restart terus menerus.

Symbian-Skudoo.C/Skudoo.D
Virus ini merupakan hasil varian dari Trojan,Doomboot serta Commwarrior.B.Cara kerja virus ini hampir sama dengan varian tersebut,yaitu membuat sistem handset menjadi tidak stabil.

Symbian-Skudoo.E.F.
Virus ini juga merupakn varian dari Doomboot,Blankfont varian E dan Commwarrior.B.Cara kerja virus ini hanya dapat mengacak data pada sistem di handset Symbian.

Symbos/Commwarrior.C.
Cara kerja virus ini hampir sama dengan pendahulunya karena merupakan varian dari commwarior.C,serta Fontal.A Trojan.

Commwarrior.D
Pada dasarnya varian malware ini merupakan evolusi dari virus commwarior.B.Cara kerja virus ini hanya mengirim MMS dengan sendirinya serta mengirim mms dgn pakai bahasa spanyol.

Symbos/commwarior.E
Kelihatannya keluarga besar dari commwarior sentiasa menginfeksi handset yg menggunakan platform.Varian virus ini bekerja melalui koneksi Bluetooth serta MMS.Virus ini umumnya menyerang ponsel Nokia yang menggunakan platform symbian S60.

Perhatikan ponsel anda dan kenali tanda tandanya apakah ponsel anda memiliki beberapa tanda tanda diatas,jika iya maka segera cari solusinya.

Silahkan Anda Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dibawah Berikut Ini



0 komentar:

Posting Komentar

U COMMENT I FOLLOW

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP